ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Penyakit kritis tidak kenal usia dan menyerang siapa saja. Angka kematiannya tinggi dan biaya perawatannya selangit. Menurut World Health Organization (WHO), sekitar 71% angka kematian atau 41 juta orang meninggal akibat penyakit tidak menular pada tahun 2018. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memperkirakan sebanyak 1,4 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit tidak menular dan sebagian besar bersifat kritis.

Berapa perkiraan biaya penyakit kritis di Indonesia? Penyakit tidak menular dapat menyerang semua organ tubuh. Berikut empat penyakit yang berisiko tinggi menyebabkan kematian dan biaya perawatannya di Indonesia:

1. Penyakit kardiovaskular

Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. 

2. Kanker

Di urutan kedua angka kematian tertinggi ada pada penyakit kanker. 

Biaya perawatan rata-rata yang dibutuhkan sekitar Rp102-106 juta/bulan. 

3. Gagal ginjal

WHO memperkirakan ada sekitar 5-10 juta orang meninggal akibat penyakit ginjal setiap tahunnya. 

Bentuk perawatannya, berupa cuci darah dua kali seminggu dengan biaya Rp50-80 juta/tahun, pemasangan kateter Rp10juta, continuous ambulatory peritoneal dialysis (CAPD) atau cuci darah lewat perut Rp50-75 juta/tahun, dan prosedur transplantasi ginjal Rp200 juta dan Rp75-150 juta/tahunnya.

4. Gangguan pernapasan kronis

Penyakit ini banyak ditemukan di Indonesia. Penyebabnya bisa dari kebiasaan merokok, paparan asap rokok atau polusi udara kotor. 

PPOK merupakan penyakit yang belum bisa disembuhkan sehingga pengobatan lebih bertujuan untuk meringankan gejala dan menghambat perkembangan penyakit ini. 


Ini langkah yang harus kamu lakukan:

Beberapa penyebab dari penyakit tidak menular kritis, berupa faktor genetik, usia, lingkungan, dan gaya hidup yang tidak sehat. 


Sumber:https://www.alodokter.com/6-jenis-penyakit-tidak-menular-yang-paling -banyak-menyebabkan-kematian
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1982101/yki-biaya-pengobatan- kanker-rata-rata-rp-100-jutabulan
https://gaya.tempo.co/read/1135555/penyakit-jantung-berapa-kira-kira-harga -pasang-ring/full&view=ok
https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-1859415/inilah-besar-biaya-yang- dibutuhkan-bila-kena-gagal-ginjal
https://akurat.co/ekonomi/id-1038148-read-tembus-rp20-miliar-ini-7-operasi- medis-termahal-di-dunia https://www.alodokter.com/penyakit-paru-obstruktif-kronis