ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Pelvic shift

 

flickr

 

Berapa jam sehari biasanya kamu duduk? Nah, tahukah kamu bahwa duduk terlalu lama bisa mempengaruhi tinggi badan? Perubahan bentuk tulang belakang dan ketidakseimbangan otot yang ada di dalamnya  yang disebabkan oleh periode duduk yang lama bisa mempengaruhi pertumbuhan tubuh Anda. Pelvic shift atau gerakan menggeser panggul bisa menjadi salah satu latihan yang baik untuk mengurangi hasil negatif dari duduk. Latihan ini meningkatkan kelengkungan tulang belakang bagian bawah, dan punggung bagian atas, sehingga bisa membantu meningkatkan tinggi badan Anda.

 

Langkah-langkah pelvic shift:

       Berbaringlah di atas matras dengan bahu rata di lantai.

       Jaga agar lengan terentang ke samping dengan telapak tangan menghadap ke bawah.

       Tekuk lutut Anda dan dekatkan kaki Anda dengan bokong.

       Lengkungkan punggung Anda sehingga panggul terangkat.

       Selipkan bokong dan biarkan kaki dan bahu menopang berat badanmu.

       Tahan posisi setidaknya selama 30 detik dan ulangi secukupnya.

 

Bergelantung

 

redefiningstrength

 

Ya bergelantung. Menggantung tubuh kamu dengan bantuan tangan memang membantu meregangkan otot. Secara umum, orang menggantung di bar. Untuk melakukan latihan ini supaya lebih maksimal, tambahkan dua atau tiga pull-up dalam prosesnya. Tidak punya bar?  Kamu bisa menggunakan pegangan yang sekiranya bisa menahan berat tubuhmu. Pastikan dukungan itu kokoh dan dapat mengurangi seluruh berat badan. Jangan sampai terjatuh gara-gara tidak kuatnya dukungan yang kamu pilih ya. Ini bisa menimbulkan cedera serius loh, jadi pilih dengan cermat ya.

 

Langkah-langkah gerakan bergelantung: 

       Melompat dan bertahan di bar/ penahan yang sudah kamu pilih.

       Jaga agar lengan dan tulang belakang tetap lurus.

       Tetap di posisi selama 30 detik.

       Ulangi hal yang sama setidaknya tiga kali sehari.

 

Cobra Stretch

 

yogajournal

 

Latihan yoga yang cukup populer ini dimaksudkan untuk meregangkan tulang belakang kamu, sehingga supaya membuatnya lentur dan fleksibel. Ini bermanfaat untuk pertumbuhan tulang rawan di antara tulang belakang, sehingga membantu meningkatkan tinggi badan kamu.

 

Langkah-langkah gerakan cobra stretch:

       Berbaring lah di lantai dengan wajah menghadap ke bawah dan telapak tangan di lantai di bawah bahu Anda.

       Lengkungkan tulang belakang Anda ke atas dan arahkan dagu Anda untuk membentuk sudut yang lebih tinggi.

       Melengkung ke belakang sejauh mungkin. Setidaknya 3-4 pengulangan  harus dilakukan dengan setiap pengulangan berlangsung antara 5 hingga 30 detik.

 

Meskipun fakta yang terkenal adalah bahwa tinggi badan ditentukan oleh faktor genetik, bahkan dapat dipengaruhi oleh faktor fisik seperti diet dan olahraga. Sebagian besar pertumbuhan juga berhenti setelah awal pubertas ketika pertumbuhan di tulang panjang di tubuh kita menyatu. Namun, pertumbuhan masih berlanjut untuk beberapa orang bahkan pada usia 22 hingga 25 tahun yang bisa tumbuh beberapa inci, dengan olahraga khusus yang didesain untuk menambah tinggi badan. Oleh karenanya, latihan-latihan di atas harus diadopsi dan dipraktekkan secara rutin 2-3 kali seminggu untuk hasil terbaik. Tapi perlu diingat, olahraga yang berlebihan harus dihindari karena dapat menyebabkan cedera dan malah berakibat  menghambat pemulihan kapasitas tubuh. Semangat ya!