ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel


https://www.ayonews.com

 

Mengurangi stres

Berolahraga sebelum tidur akan memberikan manfaat bagi kesehatan mentalmu. Saat dilakukan di malam hari, otakmu akan menjadi kuat dan lebih sehat sehingga bisa lebih baik dalam mengelola stres. Aktivitas fisik juga meningkatkan naurotransmitters yang merangsang perasaan bahagia bernama endorphin. Tentu saja, olahraga tidak akan sepenuhnya menghilangkan stres yang kamu derita. Kamu harus segera menemui dokter atau professional lainnya ketika merasa stres berkelanjutan, ya! Paling tidak, olahraga dapat membantu meredakan gejala-gejalanya dan membuatmu merasa lebih baik.

 


https://bugaraga.com

 

Menenangkan pikiran

Olahraga memiliki banyak manfaat lain yang berkaitan dengan pelepasan hormone stress. Berolahraga sebelum tidur akan menenangkan pikiranmu dan meredakan perasaan khawatir yang kamu rasakan. Saat sedang merasa suntuk dan capek karena kerja seharian, olahraga bisa saja menjadi salah satu solusi yang dapat menenangkanmu.

Ketika kamu pergi tidur dengan perasaan yang tenang, kamu akan bangun dengan pikiran yang tenang pula. Olahraga sebelum tidur dapat membantumu melewati hari berikutnya dengan lebih baik. Menarik, bukan? Kamu cukup berolahraga di malam hari, namun manfaatnya bisa dirasakan hingga keesokan harinya.



https://hellosehat.com

 

Meringankan ketegangan

Setelah beraktivitas seharian, tentu badanmu akan merasa lelah. Apalagi bila aktivitas atau pekerjaanmu menuntutmu untuk duduk atau berdiri seharian. Duduk atau berdiri seharian dapat menciptakan rasa kaku. Leher, bahu, punggung, hingga paha adalah bagian yang terasa paling parah saat kelelahan. Rasa lelah bisa menjadi alasan kamu berhenti olahraga, namun kamu bisa berolahraga sebelum tidur untuk membantu mengurangi rasa lelah. Fokuslah pada gerakan stretching. Kamu juga bisa memilih latihan yoga yang dikenal baik untuk melepaskan ketegangan di area otot dan sendi. Beberapa gerakan yoga yang baik untuk melepaskan ketegangan adalah bridge pose, cat pose, bow pose, dan triangle pose.

Meningkatkan kualitas tidur

Apakah kamu sering kesulitan untuk tidur di malam hari? Banyak alasan yang dapat membuatmu insomnia atau tidak memiliki tidur yang berkualitas. Kualitas tidur yang menurutn dapat membuatmu merasa lelah meskipun sudah menghabiskan waktu tidur yang cukup. Salah satu alasan tidurmu tidak berkualitas adalah karena kamu sedang banyak pikiran. Lebih sedikit stress yang kamu rasakan, semakin baik kualitas tidurmu. Olahraga akan membantumu mencapai tujuan ini.

Ketika kamu memastikan untuk berolahraga sebelum tidur, kamu tidak akan mengalami insomnia lagi. Setelah membakar kalori dan mengeluarkan keringat, kamu akan tertidur dengan lebih cepat karena merasa lelah. Ini adalah salah satu keuntungan dari olahraga.

Namun, untuk bisa tertidur dengan lelap, pastikan kamu tidak melakukan olahraga dengan intensitas terlalu tinggi ya. Hal ini akan membuatmu terjaga semalaman. Jika kamu lebih nyaman melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, maka perhatikan waktunya. Kamu bisa melakukannya tiga jam sebelum jam tidur.

Memberikan waktu lebih

Beberapa pekerjaan bisa membuatmu tidak sempat melakukan olahraga di pagi hari. Jika kamu memaksa untuk olahraga di pagi hari, maka kamu harus berkejaran dengan waktu yang terasa sempit. Ini belum termasuk mandi dan bersiap-siap untuk bekerja. Jika kamu adalah pekerja kantor, maka olahraga pagi semakin tidak menguntungkan bagimu. Biasanya, gym akan lebih padat di pagi hari. Meskipun kamu memilih untuk berolahraga di rumah, kamu masih harus menyiapkan diri untuk seharian.

Olahraga sebelum tidur bisa menjadi pilihan bagi para pekerja kantor yang sulit mengatur waktunya di malam hari. Setelah pulang kerja, kamu masih memiliki banyak waktu untuk mandi dan memilih pakaian olahraga yang akan kamu kenakan. Memilih berolahraga di malam hari akan membuatmu tidak perlu khawatir lagi dan terburu-buru! Terburu-buru saat berolahraga juga berisiko terkena cidera, lho!

Meningkatkan motivasi

Setelah seharian berkutat dengan pekerjaan di kantor, sampai di rumah, masih ada banyak hal yang kamu kerjakan. Kamu masih harus lembur, atau mencuci piring dan pakaian. Pulang kerja adalah waktu yang tepat bagimu untuk langsung beristirahat karena rasa lelah akibat bekerja seharian. Sebelum beristirahat dan menunda pekerjaan rumah yang mestinya kamu lakukan, bagaimana bila kamu mencoba berolahraga?

Olahraga akan membantumu meningkatkan energi dan membuatmu lebih termotivasi. Kamu bahkan akan siap dengan pekerjaan rumah apa pun yang menanti di depanmu. Olahraga di malam hari bisa membantu bagi kamu yang tidak terbiasa bangun pagi. Setelah olahraga di malam hari, kamu masih punya semangat untuk menyiapkan hal-hal yang akan kamu perlukan besok pagi. Tidak ada lagi alasan pagimu terburu-buru karena kamu telat bangun pagi!

Mencegah kebiasaan tidak sehat

Motivasi yang kamu peroleh usai berolahraga di malam hari akan membantu untuk mengurangi kebiasaan tidak sehat. Karena produktivitas yang kamu kerjakan, kamu tidak akan menghabiskan waktu bermalas-malasan di depan televisi. Motivasi untuk melakukan pekerjaan juga akan menghabiskan waktumu sehingga tidak ada lagi rasa bosan yang membuatmu ingin makan dan minum meskipun tidak merasa lapar.

Meskipun banyak manfaat yang diberikan oleh olahraga sebelum tidur, namun pahamilah bahwa setiap orang berbeda-beda. Jika kamu lebih suka berolahraga di pagi hari, tidak perlu memaksakan untuk merubah jadwalmu. Kamu bisa mencobanya sekali-sekali tanpa meninggalkan jadwal olahragamu di pagi hari!