ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tapi, puasa bulan puasa bukan alasan untuk berhenti olahraga. Kamu bisa #BeraniBeda dan melakukannya, asalkan tahu alasan dan kapan waktu yang tepat untuk workout.

Olahraga Sebelum Berbuka Puasa


©pexels

Olahraga sebelum berbuka? #MasaGakMau melakukannya? Sambil menunggu adzan maghrib berkumandang, kamu bisa gerakkan badan untuk melatih otot atau jaga stamina. Tapi harus diingat, olahraganya yang ringan-ringan saja, ya. Misalnya, jalan cepat, bersepeda, atau jogging ringan dengan porsi yang nggak berlebihan.

Olahraga Setelah Berbuka Puasa


©pexels

Dikutip dari laman Islamicity, olahraga ketika sedang berpuasa itu meningkatkan hormon kortisol (hormon stres) secara signifikan, apalagi kalau dilakukan dalam intensitas yang tinggi.

Jadi kalau kamu pengen olahraga dengan beban yang lumayan berat, lakukan setelah berbuka. Alasannya karena tubuh sudah mendapatkan asupan nutrisi dan energi. Jadi kamu nggak perlu khawatir tersungkur lemas karena belum makan saat olahraga.

Imbangi Nutrisi Saat Berbuka dan Sahur


©pexels

Karena kamu akan berolahraga di sore hari, pastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang pas. Sangat dianjurkan untuk memperbanyak asupan cairan saat berbuka dan sahur. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah air kelapa karena mengandung cairan elektrolit yang mampu mengoptimalkan fungsi jantung dan saraf otot.

Selain itu usahakan juga mengonsumsi makanan dengan gizi yang layak. Hindari makan makanan yang mengandung lemak tinggi, seperti gorengan dan kuah-kuah bersantan.

Istirahat yang Cukup


©pexels

Hindari begadang menunggu sahur. Kalau pengen olahraga saat puasa kamu berhasil, justru beristirahatlah dengan jam yang cukup. Tubuh yang kurang tidur bakal terasa lemas dan sulit digerakkan. Selain itu, kamu harus tahu bahwa ketika tidur terjadi proses regenerasi sel yang sangat penting untuk memulihkan kondisi tubuh kembali seperti semula.

Ketahui Batasanmu


©pexels

Jangan memaksakan diri untuk terus berolahraga saat puasa ketika merasa terlalu letih, lemas, atau pusing. Bukannya sehat, nanti malah jadi penyakit yang justru mengganggu ibadah puasamu.

Jangan hanya bermalas-malasan! #PilihYangBeda dan ramaikan ibadah puasamu dengan tetap berolahraga. Biar tubuh tetap fit dan sehat saat bersilaturahmi bareng keluarga ketika Idul Fitri tiba.