ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Umpan banteng


thehorse.com

 

Selama masa Victoria, salah satu olahraga yang terkenal di kalangan elite Inggris adalah umpan banteng. Cara bermainnya adalah dengan mengadukan banteng dengan binatang lainnya. Yang sering digunakan sebagai lawan si banteng adalah anjing. Untuk menentukan pemenang, binatang lawan harus dapat menggigit moncong banteng dan bertahan dalam waktu tertentu. Mengerikan, bukan?

Pertandingan umpan banteng snagat sering dilakukan di London, dan kota-kota lainnya di Inggris. Penonton bisa dimanjakan dengan acara ini selama dua kali seminggu. Banteng akan diikat pada sbeuah tiang. Seseorang akan meniup merica ke hidung banteng untuk memancing amarahnya. Lalu, binatang lawan, yang biasanya adalah anjing pun dilepaskan ke dalam arena.

Beberapa kepercayaan pada zaman ini meyakini bahwa umpan banteng membuat daging banteng lebih empuk dan bergizi. Karena kepercayaan ini, bahkan di beberapa kota di Inggris, ada undang-undang yang melarang penjualan banteng sebelum melakukan lomba umpan banteng. Namun, perlombaan ini akhirnya dihapus pada tahun 1835.


Sepak bola buta


baltimoresun.com

Pasti kamu sudah familiar dengan olahraga sepak bola? Tapi, kalau sepak bola buta, apakah kamu sudah pernah mendengarnya? Olahraga sepak bola biasanya dimainkan olah semua kalangan. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa, pria hingga wanita.

Popularitas olahraga sepakbola memancing masyarakat eropa untuk membuat olahraga sepak bola buta. Sepak bola buta dilakukan oleh para penyandang tuna netra. Namun, penjaga gawang adalah orang yang memiliki penglihatan normal.

Aturan bermain dalam sepak bola buta sama dengan sepak bola biasa. Yang membedakan adalah bola yang digunakan. Bola yang dipakai dalam sepak bola buta adalah bola khusus yang diisi dengan koin atau kelereng. Bola khusus ini memudahkan para pemain untuk mendeteksi dimana letak bola.


Tinju catur


lecourrieraustralien.cdnartwhere.eu


Olahraga tinju dan catur adalah dua olahraga populer yang sudah biasa kita lihat. Namun, bagaimana jika keduanya digabungkan ke dalam satu perlombaan? Ternyata, ada lho olahraga bernama tinju catur. Olahraga ini populer di Eropa dan Amerika. Karena menggabungkan dua perlombaan, pesertanya pun biasanya atlet catur atau atlet tinju. Seperti tinju, cara bermainnya terbagi ke dalam beberapa ronde. Setelah bertinju, peserta akan melaksanakan olahraga catur. Cara bermain ini dilakukan berulang-ulang hingga menemukan pemenang. Jika tidak berhasil meng-KO lawan di arena pertandingan tinju, peserta bisa men-skak mat lawannya dalam ronde catur.


Bossaball


i.ytimg.com

Pernah mendengar olahraga yang satu ini? Bossaball berasal dari Spanyol. Olahraga ini memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Alasannya, olahraga ini menggabungkan olahraga bola voli dan lompat trampolin.

Seperti dalam olahraga bola voli, tim yang bermain terdiri dari 3-5 orang. Permainan ini juga membutuhkan wasit dan menyediakan net. Namun, lapangannya terbuat dari trampolin. Dengan bantuan dari trampolin, peserta bisa meloncat lebih tinggi dan mengarahlkan bola ke arah lapangan lawan. Cukup melelahkan, bukan?

Bagaimana? Dari keempat olahraga unik yang disebutkan di atas, adakah yang pernah kamu dengar sebelumnya? Jika disuruh untuk mencoba, yang mana sih yang akan kamu pilih?