ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Dengan mengangkat tema jagal yang menceritakan pengikut kultus Swedia, Midsommar bisa membuat penonton ngeri dengan berbagai adegan tragis yang ditampilkan. Penasaran seperti apa ulasan dari film ini? Berikut beberapa hal yang harus kamu tahu dari film Midsommar, liburan yang berakhir tragis!


Sepasang kekasih dan teman-temannya berlibur ke Swedia


Sumber: time.com

Dani Ardor dan Christian Hughes adalah sepasang kekasih dengan hubungan yang kompleks. Mereka adalah mahasiswa jurusan Sosiologi. Sejak lama, Christian ingin putus saja dengan Dani, namun merasa bertanggungjawab atas depresi yang diderita pacarnya. Adik Dani membunuh kedua orangtua mereka dan berakhir membunuh dirinya sendiri. Setelah kejadian tersebut, Dani mengalami depresi.

Awalnya, Christian akan berlibur ke Swedia bersama Mark dan Josh. Mereka bertiga berniat menghadiri perayaan pertengahan musim panas (midsommar) di Swedia. Pelle, salah satu teman mereka mengirimkan undangan dan menjelaskan bahwa perayaan ini hanya diadakan sekali dalam 90 tahun. Dani yang tidak diberitahu oleh Christian menjadi marah. Christian pun terpaksa mengundang Dani untuk ikut.


Ketakutan tidak hanya terjadi dalam gelap



Sumber: gamespot.com

Midsommar melawan segala ketakutan yang bersumber dari kegelapan. Jika biasanya film-film horror dan misteri mengambil latar malam dan gelap, maka Midsommar melawan semua stereotip tersebut. Film ini adalah lanjutan dari film horor debut sang sutradara, Ari Aster, berjudul Hereditary

Hereditary menceritakan sekelompok anak muda Amerika Serikat yang mengunjungi festival pagan di Swedia. Mereka terjerat dalam ritual berbahaya yang dilakukan oleh warga. Midsommar juga memiliki konsep yang mirip. Setelah Dani, Christian, Mark, dan Josh tiba di Swedia, mereka bertemu dengan pendatang lainnya. Sepasang pasangan asal Inggris yang juga turut diundang oleh Ingmar, adik Palle.


Upacara Attestupa yang mengerikan di Harga


Sumber: reddit.com

Setelah tiba di Harga, Ingmar memberikan jamur psilosibin yang membuat Dani berhalusinasi melihat adiknya. Mereka berpisah setelah menyaksikan upacara Attestupa. Dalam upacara ini, dua tetua besa harus bunuh diri dengan melompat dari atas tebing. Salah satu tetua tidak mati dan warga memukul kepalanya dengan palu besar. Menurut kepala desa, setiap usia 72 tahun, tetua harus melakukan upacara ini.

Upacara Attestupa hanyalah awal dari kejadian mengerikan yang akan ditemui oleh Dani dan kawan-kawannya. Sepasang pasangan Inggris memilih kembali setelah menyaksikan ritual aneh tersebut. Namun, Dani dan kawan-kawan masih ingin tetap tinggal. Terlebih, Josh ingin mengangkat tradisi ini sebagai topik dalam tesisnya.


Pembunuhan mengerikan di siang bolong


Sumber: brf.co

Dani dan Christian adalah tokoh utama dari film Midsommar. Mereka harus menyaksikan teman-temannya sendiri dibunuh dan menjadi gila. Mark yang tidak sengaja mengencingi pohon suci, dibunuh dan dikuliti oleh seorang perempuan. Sementara Josh, yang menyelinap ke kuil desa, berakhir naas dengan dipukul palu.

Saat kawan-kawannya sudah mati, Dani dan Christian menjadi korban untuk membantu berlangsungnya festival pagan. Dani yang sudah diberi minuman psikedelik, diangkat sebagai “Ratu Mei”. Ia mendapatkan gelar terhormat di desa ini. Sementara Christian dipaksa untuk melakukan ritual seks. Dalam kondisi setengah sadar, Christian melihat tubuh salah satu pasangan Inggris, yang ternyata tidak bisa kembali, Simon, dalam keadaan terpotong. Dani menumbalkan nyawa 9 korban, termasuk pacarnya sendiri, untuk menghilangkan pengaruh negatif di desa.


Midsommar bermain dengan psikologis penontonnya


Sumber: Vice

Dalam film Midsommar, sutradara ingin bermain dengan psikologis para penonton. Penonton dibuat ketakutan dan khawatir saat menyaksikan simbol, gerakan tarian, dan warna cerah yang ditampilkan. Ketakutan akan musim panas ternyata memang benar-benar ada, lho! Terinspirasi dari Heliphobia, ketakutan pada sinar matahari, Midsommar akan menerormu dengan adegan brutal yang terjadi pada liburan musim panas.

 

Bagaimana? Sudah siap menonton Midsommar?