ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Gorengan


©hellosehat

Menu yang satu ini memang sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk saat berbuka puasa. Walau punya dampak yang kurang baik pada kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, nyatanya aneka gorengan jadi menu takjil yang paling banyak dicari.

Bukan hanya kerenyahan dan kelezatannya saja yang dinanti-nanti, gorengan juga mudah dibuat dan harganya cukup terjangkau. Sesekali nggak ada salahnya menyajikan berbagai jenis gorengan mulai dari bakwan, tahu isi, molen, hingga risol, yang makin nikmat ditemani segelas teh manis.

Kolak


©cookpad

Ini dia menu takjil yang identik dengan menu buka puasa. Yup, kolak yang biasanya berisi potongan pisang, ubi, nangka, hingga biji salak ini memiliki citarasa manis sehingga dianggap mampu mengembalikan energi usai seharian berpuasa. Buat yang peduli dengan kesehatan, nggak ada salahnya membuat sendiri kolak di rumah dengan mengurangi penggunaan santan kental atau membatasi pemakaian gula berkalori tinggi.

Es Blewah



©akurat

Buah berdaging oranye ini seringkali hanya ditemukan di bulan Ramadan saja. Diolah menjadi es yang menyegarkan, buah blewah ini juga kaya akan vitamin A dan C sehingga dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh selama berpuasa.

Ada berbagai cara untuk membuat es buah blewah, mulai dari mencampurkannya dengan sirup favoritmu, mencampurnya dengan aneka buah potong lainnya, menambahkan santan untuk sensasi gurih, atau air kelapa yang segar. Jangan lupa tambahkan es batu untuk menambah kesegarannya, ya.

Es Cendol


©shutterstock

Selain es buah, es cendol termasuk minuman yang selalu diburu untuk berbuka puasa. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pedagang es cendol di pinggir jalan hingga di foodcourt mall besar yang selalu ramai antrean. Kombinasi manis dari gula merah dan gurih dari santan membuat es cendol jadi takjil favorit, sebelum menyantap menu berat pengisi perut.

Bubur Sumsum


©resepkoki

Olahan tepung beras ini juga banyak ditemui di bulan Ramadan sebagai menu takjil yang banyak dicari. Teksturnya yang lembut mudah dicerna dan membantu menambah energi setelah berpuasa berjam-jam. Rasa manis dari gula aren yang bercampur dengan bubur yang gurih bikin siapa pun ketagihan.

Puding



©unsplash

Teksturnya yang kenyal bisa dinikmati dengan berbagai cara. Mulai dari menyantapnya dengan vla, bahan tambahan dalam semangkuk es, hingga dikonsumsi dengan potongan buah segar. Selain punya rasa yang manis, puding juga kaya serat yang baik dikonsumsi selama berpuasa untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

Ada banyak menu takjil yang bakal bikin buka puasa jadi terasa lebih menyenangkan. Mana yang jadi favoritmu?