ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Makanan dan minuman memang menjadi kebutuhan pokok. Tapi bukan berarti hanya itu saja barang yang butuh untuk dibeli. Masih banyak barang lainnya seperti pakaian, barang elektronik, buku, mainan, serta aneka barang rumah tangga lain yang termasuk dalam kategori "barang yang butuh untuk dibeli". Pasti pada suatu waktu, kita akan membeli barang-barang ini. Kita dapat memilih untuk membeli yang baru, atau membeli barang bekas. Tidak semua orang memiliki akses ke bulk store. Tapi senangnya, setiap orang memiliki akses ke toko yang menjual barang bekas. Memilih barang bekas tidak hanya hanya tentang penghematan sumber daya, tapi juga membantu menjaga barang-barang yang ada dan pernah digunakan agar tidak berakhir ke pembuangan sehingga mengotori lingkungan. Inilah mengapa gaya hidup tanpa sampah, bisa disebut pula dengan gaya hidup pemanfaatan barang bekas pakai atau second-hand. Memberi kesempatan kedua pada barang bekas pakai adalah kunci dari thrift store.

 

Di sisi lain banyak yang beranggapan, membeli barang bekas pakai berarti kotor dan cenderung tidak mampu. Padahal, membeli barang bekas adalah cara keren untuk mendapatkan barang yang kamu inginkan tanpa membiarkan energi terbuang percuma. Hebat dong!

 

Nah, salah satu barang yang biasa dicari saat thrift shopping adalah pakaian. Terkadang cukup menakutkan melihat rak baju bekas yang amburadul karena minim sortir dari si pembeli. Tapi percaya deh, dengan sedikit latihan kamu jadi terbiasa dan mungkin menemukan barang yang nggak diduga-duga. Untuk kamu pemula yang ingin cobain sensasi belanja baju second, yuk intip tips berikut:

 

Belanja di tempat yang tepat

 

 

urbanpeak

 

Banyak loh rekomendasi tentang thrift store bertebaran di dunia maya yang bisa kamu pilih dan cobain. Bisa juga tanya ke teman-teman atau orang di sekitarmu tentang toko yang mantap buat berburu pakaian second di kotamu. Hal yang perlu diingat nih, baik itu toko online maupun offline,  jangan lupa untuk tetap cermat dan waspada pada pilihan baju yang kamu pilih.

 

Material pakaian juga penting untuk diperhatikan


mizutex.com

 

Ada baiknya saat memilih, kamu mencari pakaian yang menggunakan material serat alami untuk bahan pembuatannya. Pakaian berbahan serat alami ini sangat penting. Serat alami dapat dibuat kompos di akhir siklus hidupnya. Plus, material ini tidak akan melepaskan serat mikro berbahaya ke dalam air yang berujung mencemari lautan. Upaya zero waste akan lebih maksimal dikala kita juga memperhatikan hal ini ketika memutuskan belanja di thrift store.

 

Membeli hanya karena murah? Big No!

 

arabianbusiness

 

Jangan beli hanya karena pakaian yang kamu lihat itu murah meriah ya. Pastikan dulu, apa yang kamu beli masuk akal dalam hal biaya, gaya, dan seberapa berperannya dalam keseharian kamu. Pasti nyesel kan kalau misal sudah beli, tapi malah nggak cocok dengan style kamu biasanya. Impuls dadakan untuk membeli sesuatu hanya karena memiliki tag diskon 50% memang sering muncul, tapi kamu harus berusaha ya melawan ego itu biar nggak nyesel belakangan.

 

Cuci dengan benar sebelum pemakaian

 

i0.wp.com/f1-styx.imgix.net

 

Setelah membeli pakaian di thrift store, pastikan kamu mencucinya dengan benar sebelum ingin kamu gunakan. Disarankan untuk mencuci dengan air sangat panas serta mengeringkannya di bawah sinar matahari untuk membasmi kuman yang mungkin tumbuh dalam pakaian.

 

Banyak hal lain loh yang bisa dibeli dalam kondisi bekas pakai, seperti jar kaca, peralatan dapur, kayu mebel, dan sebagainya. Kamu hanya harus ekstra mencari supaya mendapatkan barang bagus dan terlebih lagi vintage. Jadi, sudah siap untuk thrift shopping hari ini?