ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Di satu sisi, zaman modern juga semakin banyak memunculkan orang berwawasan. Tak sedikit kini orang yang melek soal keuangan, hingga tanpa ragu untuk mulai berinvestasi. Bicara investasi sendiri, ada banyak instrumennya.

Namun, ada baiknya memilih investasi yang aman, apalagi bisa dijamin negara, #MasaGakMau coba? Instrumen investasi tersebut tak lain adalah Surat Berharga Negara (SBN). Agar tahu lebih banyak, berikut ini beberapa fakta menarik tentang SBN.

Masuk Kategori Obligasi



©Shutterstock

SBN masuk ke dalam instrumen investasi obligasi, yang diterbitkan dalam jangka waktu 1-10 tahun. SBN yang diterbitkan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementrian Keuangan RI, berupa ritel seri SBR003. Produk investasi ini pertama kali diluncurkan pada 14 Mei 2018.

Mudah Diakses


©Shutterstock

Meski diterbitkan dan dijamin langsung oleh negara, bukan artinya SBN ini memerlukan proses yang berbelit dalam membelinya. Bahkan ritel seri SBR003 bisa dibeli lewat aplikasi digital e-SBN. Hal ini mempermudah milenial yang tertarik untuk berinvestasi pada instrumen ini, hanya lewat genggaman gadget.

Amat Terjangkau


©Shutterstock

Siapa sangka ternyata SBN ini terbilang cukup terjangkau. Misalnya, mengambil contoh ritel seri SBR003, bisa dibeli dengan harga mulai Rp1 juta. Sementara batas maksimalnya adalah Rp3 miliar. Menariknya lagi yield SBR003 ini di atas rata-rata bunga deposito bank BUMN. Sebuah tawaran investasi menarik, terutama bagi milenial yang ingin mengelola uangnya lebih dari sekadar menabung.

Dijamin Negara


©Shutterstock

Fakta inilah yang harusnya menjadi pertimbangan menarik berinvestasi pada SBN. Dibandingkan saham, pasar SBN relatif lebih aman. Apalagi pemerintah menjahga penuh selaku penerbit, sekaligus aman dari gagal bayar karena dijamin oleh APBN. Bahkan, investor milenial pemula sekalipun kecil kemungkinannya menderita kerugian dari investasi SBN ini.

Lebih Menguntungkan dari Deposito


©Shutterstock

Menurut pemerintah, SBN ritel yang dijual secara online jauh lebih menguntungkan dibandingkan berinvestasi di tabungan deposito. Inilah kenapa SBN dihadirkan dengan kemudahan akses, agar proses yang tak ribet benar-benar bisa menarik minat masyarakat, terutama para generasi milenial.

Dengan beragam kemudahan yang disediakan, SBN benar-benar menjadi salah satu intrumen investasi yang menarik untuk dicoba. Bagaimana masih ragu untuk berinvestasi di SBN?