ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Olahraga Asal India


© pixabay

Sekalipun banyak digemari orang Indonesia, nyatanya olahraga ini tidaklah asli dari sini. Sebaliknya, acroyoga berasal dari India. Meski begitu, sekolah acroyoga yang pertama justru berada di Montreal, Kanada pada 1980. Secara harfiah, acroyoga merupakan gabungan dari acrobatic dan yoga. Inilah kenapa beberapa gerakan acroyoga terlihat cukup acrobatic, seperti gerakan serupa terbang, hingga jungkir balik.

 

Memiliki Tiga Unsur Utama


© pixabay

Acroyoga dilakukan dengan cara menerapkan tiga unsur sekaligus. Ketiganya adalah acrobatic, yoga dan juga terapi. Unsur terakhir ini erat kaitannya dengan manfaat acroyoga untuk menjaga kesehatan tubuh. Di samping, acroyoga juga bermanfaat untuk mengoptimalkan pembentukan tulang belakang, agar bisa lebih tegak.

 

Sempat Dianggap Menakutkan


© pixabay

Beberapa gerakan acroyoga yang terlihat ekstrem, acap membuat sebagian orang merasa khawatir akan cedera yang ditimbulkan. Bahkan, tak sedikit yang takut akan terjadi hal-hal yang tak diinginkan saat melakukan acroyoga. Namun, kini acroyoga sudah diterima perlahan oleh masyarakat. Hal ini karena sudah semakin banyaknya instruktur acroyoga di beberapa kota besar, seperti Jakarta.

Tak Bisa Dilakukan Sendiri


© pixabay

Berbeda dengan yoga biasa, acroyoga tak bisa dilakukan sendiri. Setidaknya ada dua orang, baru bisa melakukan acroyoga. Itu pun dengan syarat salah satunya bisa tata cara melakukan olahraga ini, seperti instruktur berlisensi acroyoga. Hal ini karena orang yang ada di bagian bawah, atau yang akrab disebut sebagai pondasi (base) harus memiliki tubuh yang kuat untuk menopang flyer atau orang yang berada di posisi atas.

 

Wajib Melakukan Yoga Dulu


© pixabay

Sebelum benar-benar bisa melakukan acroyoga, seseorang perlu melakukan yoga dulu sekurang-kurangnya 4 minggu. Baru kemudian bisa melakukan acroyoga selama 60 menit per hari. Jika prosedur tersebut tak dijalani, mustahil tubuh kuat menopang beban tubuh lain selama hampir satu jam. Bahkan, jika dipaksakan berisiko menyebabkan cedera.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa diketahui dari acroyoga. Dengan fakta yang ada, kini sudah percaya kan jika acroyoga tidak menakutkan. Maka dari itu, segera beranikan diri untuk #BeraniBeda menjajal tren olahraga yang baik untuk kesehatan jasmani dan rohani, seperti acroyoga.