ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Selain sehat secara fisik, keadaan mental yang sehat juga merupakan hal yang penting untuk dimiliki. Mental yang sehat tidak hanya berarti keadaan mental tanpa diagnosis penyakit, tetapi juga mental yang memiliki kemampuan untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan menghadapi masalah. Kemampuan untuk menikmati hal-hal kecil dan mengelola perasaan-perasaan yang muncul juga merupakan salah satu ciri-ciri mental yang sehat.[1]

Apa itu penyakit mental?

Menurut American Psychiatry Association, penyakit mental adalah penyakit yang menyerang kemampuan berpikir, emosi, perilaku, atau bahkan kombinasi ketiganya. 

Apa penyebab penyakit mental?

Secara umum, penyakit mental bisa disebabkan oleh kombinasi dari faktor biologis (keturunan, infeksi, atau kondisi otak saat berada di dalam janin), faktor psikologis (trauma, kehilangan, pengabaian), dan faktor lingkungan (kematian, perceraian, keluarga, ekspektasi sosial). 

Bagaimana cara mengatasi penyakit mental?

Seperti halnya penyakit lain, penyakit mental adalah kondisi medis yang dapat diobati. Psikoterapi atau terapi psikologi dapat membantu penderita depresi, borderline personality disorder, dan anxiety disorder dalam mengelola kondisi mereka. 

Kapan perlu mencari psikolog?

American Psychological Association menganjurkan terapi jika emosi atau perasaanmu mulai mengganggu kehidupan sehari-hari atau berdampak negatif terhadap pekerjaan atau hubungan. 

Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu, kamu juga perlu mempersiapkan diri dari risiko kesehatan di masa depan dengan perlindungan Asuransi Bebas Handal, asuransi kesehatan berbasis syariah yang lengkap dengan nilai manfaat hingga Rp100 juta/tahun.


Sumber:
[1]
https://www.psychiatry.org/patients-families/what-is-mental-illness

[2] https://www.psychiatry.org/patients-families/what-is-mental-illness

[3] https://www.webmd.com/mental-health/mental-health-causes-mental-illness#2

[4] https://www.sane.org/information-stories/facts-and-guides/what-is-mental-illness

[5] https://www.goodtherapy.org/blog/why-should-i-go-to-therapy-8-signs-its-time-to-see-a-therapist