ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Salah satu yang menarik perhatian dalam KTF 2019, adalah tentang gagasan Zero Waste Adventure yang dibahas dalam salah satu sharing session. Gagasan ini menjadi menarik karena memang isu tentang lingkungan utamanya masalah sampah, kian menjadi perhatian dunia belakangan ini. Berbagai kampanye dan gerakan dilakukan di berbagai belahan dunia dalam rangka terciptanya mimpi dunia bebas sampah. Gagasan nengenai Gerakan Zero Waste Adventure sendiri diinisiasi oleh Siska Nirmala. Pieta, -sapaan Siska Nirmala- mulai mengenalkan gerakan petualangan minim sampah sejak munculnya kegelisahan pada dirinya  ketika mendapati banyak sampah yang ditinggalkan para pendaki gunung. Kegelisahan itu pun adalah awal mula tekad Pieta untuk melakukan sesuatu, dan bukannya berdiam diri melihat fenomena merugikan alam tersebut.

 

Pieta menyatakan, bahwa langkah pertama untuk melawan sampah yang menggunung adalah jangan menghasilkannya. Langkah ini menjadi motor bagi gerakan Zero Waste Adventure yang harus diketahui oleh pecinta wisata petualangan yang dekat dengan alam. Untuk gerakan Zero Waste Adventure sendiri, adalah individual movement yang digagasnya sejak 2013, sebagai bagian dari kampanye global gaya hidup Zero Waste. Kegiatan berpetualang menjadi metode untuk memperkenalkan gaya hidup zero waste bagi generasi muda Indonesia, dengan pendekatan yang berbeda.

 

Sebelumnya, Pieta sudah mencurahkan tentang tips dan pengalamannya mengenai Zero Waste Adventure ke dalam sebuah buku berjudul Zero Waste Adventure: Ekspedisi Pendakian Lima Gunung tanpa Menghasilkan Sampah. Buku ini sudah dijual bebas di toko-toko buku Indonesia. Yang spesial adalah, buku hasil karya Pieta tersebut diklaim tidak menggunakan kemasan plastik yang biasa digunakan untuk membungkus buku loh. Selain buku, Pieta juga kerap membagikan pengalaman petualangan minim sampah di laman instagram miliknya @zerowasteadventure serta laman websitenya yakni zerowasteadventures.com. Dalam laman pribadinya, Pieta tidak hanya berbagi tentang cara berminim sampah saat melakukan perjalanan saja, tapi juga dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari cara memilah sampah, pengolahan kompos, serta tips dan trik yang lengkap untuk panduan gaya hidup minim sampah.