Bisnis kopi merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Mengapa sih kedai kopi bisa tetap ramai walaupun memiliki banyak pesaing? Berikut adalah alasan mengapa kedai kopi saat ini sedang tren!
1.
Minum kopi menjadi trend
baru di era milenial dan gen Z
Anak muda memang terkenal gemar coba-coba. Fenomena ini
seiring dengan pencarian mereka terhadap jati diri. Apalagi, dengan hadirnya
internet, informasi bisa tersebar dengan mudah. Minum kopi pun menjadi trend
yang harus diikuti oleh para anak muda yang mengaku nggak ketinggalan zaman.
Salah satu target pasar dari kedai kopi adalah kaum milenial
dan gen Z. Mereka cenderung lebih mudah mengeluarkan uang untuk membeli kopi di
luar. Meskipun nggak punya karakteristik pembeli yang loyal, karena sering
coba-coba, para milenial masih menjadi target yang pas bagi para kedai kopi.
Pemilik bisnis kopi
2.
Coffee Shop menjadi tempat
yang bisa digunakan untuk banyak kegiatan
Selain untuk minum kopi, coffee shop banyak dipilih sebagai
tempat untuk banyak hal. Para anak muda memiliki budaya baru, yakni nongkrong
dan ngobrol di kedai kopi. Nggak heran, kamu akan sering menemukan sekelompok
anak muda yang berlama-lama di kedai kopi hanya untuk membunuh waktu. Ada pula
yang menjadi pelanggan setia kedai kopi untuk mengerjakan tugas. Alasannya
adalah tempat yang nyaman, minuman yang cukup terjangkau, serta wifi yang
lancar.
Nggak hanya digunakan oleh anak muda, coffee shop juga sering digunakan sebagai tempat meeting bersama client. Sekarang, bertemu di kantor nggak lagi dijadikan pilihan karena suasananya yang nggak nyaman. Coffee shop memberikan kesan lebih santai, namun tetap nyaman untuk berdiskusi.
3. Promo menjadi hal yang disukai anak muda
Kedai kopi yang nggak pernah memberikan promosi akan kalah
saing dengan yang lainnya. Apalagi, saat ini sudah banyak fintech yang
mensponsori promosi. Promosi berupa cashback, maupun yang dilakukan di hari
tertentu masih menarik bagi pembeli. Terutama, bagi anak muda yang memiliki
sumber uang yang terbatas. Ada perasaan puas yang didapatkan jika bisa
menemukan coffee shop yang memberikan promosi lebih besar.
4.
Inovasi minuman selain
kopi
Dalam menjual kopi saja, banyak varian yang bisa dimasukkan
ke dalam menu. Belum lagi, beragam teknik dan biji kopi yang berbeda. Hal ini
menjadi daya tarik tersendiri yang nggak akan membuat pecinta kopi bosan untuk
datang.
Selain menjual kopi, kedai kopi juga harus pintar untuk
berinovasi. Memasukkan menu makanan ringan, seperti pastry dan donat bisa
dicoba. Kedai kopi juga biasanya menjual makanan berat ala barat, seperti pasta
dan burger. Berbagai minuman pun dimasukkan ke dalam menu. Mulai dari matcha,
olahan coklat, hingga squash. Semakin banyak varian yang dijual, maka
pengunjung yang datang akan semakin beragam.
Keempat alasan di atas adalah alasan mengapa bisnis kopi bisa
booming seperti sekarang. Namun,
sebagai pebisnis, kamu tetap harus memikirkan dengan matang rencanamu dan siap
dengan segala resiko yang akan datang. Nggak ada yang menjamin bisnismu akan
bisa berjalan mulus selamanya. Bagaimana? Apakah kamu sudah mantap untuk
membuka bisnis kopi milikmu sendiri?