ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Bisnis kopi merupakan salah satu usaha yang menjanjikan. Mengapa sih kedai kopi bisa tetap ramai walaupun memiliki banyak pesaing? Berikut adalah alasan mengapa kedai kopi saat ini sedang tren!


1.      Minum kopi menjadi trend baru di era milenial dan gen Z

 

nrn.com

 

Anak muda memang terkenal gemar coba-coba. Fenomena ini seiring dengan pencarian mereka terhadap jati diri. Apalagi, dengan hadirnya internet, informasi bisa tersebar dengan mudah. Minum kopi pun menjadi trend yang harus diikuti oleh para anak muda yang mengaku nggak ketinggalan zaman.

 

Salah satu target pasar dari kedai kopi adalah kaum milenial dan gen Z. Mereka cenderung lebih mudah mengeluarkan uang untuk membeli kopi di luar. Meskipun nggak punya karakteristik pembeli yang loyal, karena sering coba-coba, para milenial masih menjadi target yang pas bagi para kedai kopi. Pemilik bisnis kopi

 

2.      Coffee Shop menjadi tempat yang bisa digunakan untuk banyak kegiatan

 

circleofdocs.com

 

Selain untuk minum kopi, coffee shop banyak dipilih sebagai tempat untuk banyak hal. Para anak muda memiliki budaya baru, yakni nongkrong dan ngobrol di kedai kopi. Nggak heran, kamu akan sering menemukan sekelompok anak muda yang berlama-lama di kedai kopi hanya untuk membunuh waktu. Ada pula yang menjadi pelanggan setia kedai kopi untuk mengerjakan tugas. Alasannya adalah tempat yang nyaman, minuman yang cukup terjangkau, serta wifi yang lancar.

 

Nggak hanya digunakan oleh anak muda, coffee shop juga sering digunakan sebagai tempat meeting bersama client. Sekarang, bertemu di kantor nggak lagi dijadikan pilihan karena suasananya yang nggak nyaman. Coffee shop memberikan kesan lebih santai, namun tetap nyaman untuk berdiskusi.


3.      Promo menjadi hal yang disukai anak muda


dallas.culturemap.com

 

Kedai kopi yang nggak pernah memberikan promosi akan kalah saing dengan yang lainnya. Apalagi, saat ini sudah banyak fintech yang mensponsori promosi. Promosi berupa cashback, maupun yang dilakukan di hari tertentu masih menarik bagi pembeli. Terutama, bagi anak muda yang memiliki sumber uang yang terbatas. Ada perasaan puas yang didapatkan jika bisa menemukan coffee shop yang memberikan promosi lebih besar.

 

4.      Inovasi minuman selain kopi

 

healthylittlepeach.com

 

Dalam menjual kopi saja, banyak varian yang bisa dimasukkan ke dalam menu. Belum lagi, beragam teknik dan biji kopi yang berbeda. Hal ini menjadi daya tarik tersendiri yang nggak akan membuat pecinta kopi bosan untuk datang.

 

Selain menjual kopi, kedai kopi juga harus pintar untuk berinovasi. Memasukkan menu makanan ringan, seperti pastry dan donat bisa dicoba. Kedai kopi juga biasanya menjual makanan berat ala barat, seperti pasta dan burger. Berbagai minuman pun dimasukkan ke dalam menu. Mulai dari matcha, olahan coklat, hingga squash. Semakin banyak varian yang dijual, maka pengunjung yang datang akan semakin beragam.

 

Keempat alasan di atas adalah alasan mengapa bisnis kopi bisa booming seperti sekarang. Namun, sebagai pebisnis, kamu tetap harus memikirkan dengan matang rencanamu dan siap dengan segala resiko yang akan datang. Nggak ada yang menjamin bisnismu akan bisa berjalan mulus selamanya. Bagaimana? Apakah kamu sudah mantap untuk membuka bisnis kopi milikmu sendiri?