ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Saat ini di Indonesia, self-publishing sudah banyak dilakukan oleh penulis-penulis indie. Bahkan cara ini bisa dilakukan lewat online. Kita tinggal mengirimkan naskah kemudian buku dicetak dan bisa didistribusikan sendiri. Menarik ya? Berminat menerbitkan bukumu sendiri dengan self-publishing? Ini langkah-langkah yang perlu dipersiapkan:


Menyiapkan naskah

 


© Pexels.com

 

Dalam menerbitkan buku, tentu naskah adalah hal utama yang perlu diperhatikan dengan baik. Siapkan naskah dengan tema yang mudah diterima pasaran. Kemudian yang tak kalah penting juga adalah isi tulisan yang enak dibaca serta memenuhi kaidah aturan menulis yang berlaku. Naskah wajib disunting terlebih dahulu sebelum naik cetak.

 

Menyiapkan layout dan cover

 


© Pexels.com

 

Selain isi tulisan yang enak dibaca, yang tak boleh dilupakan adalah sisi estetika dan kenyamanan buku saat dibaca. Untuk itu perlu layout dan cover buku yang baik. Desain cover mengambil peranan penting karena menjadi daya tarik saat buku dipasarkan. 

 

Mengurus ISBN

 


© Pexels.com

 

Dalam penerbitan buku, dikenal ISBN atau International Standart Book Number. Ini adalah sistem yang memuat informasi lengkap tentang sebuah judul buku. Dengan ISBN kita bisa melakukan inventarisasi, pemesanan bahkan pengangkutan.

 

Di Indonesia, ISBN dikelola oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) di Jakarta. Syaratnya mudah kok, kamu hanya perlu mendaftarkan judul naskahmu melalui lembaga penerbitan yang kamu tunjuk. Jika lembaga penerbitan ini murni milikmu sendiri, kamu harus mendaftarkan nama lembaga penerbitanmu ke tim ISBN dengan mengisi formulir surat pernyataan disertai stempel penerbit.

 

 

Menentukan harga jual buku

 


© Pexels.com

 

Setelah buku tercetak dan terkemas rapi, langkah berikutnya adalah menentukan harga jual. Keseluruhan biaya produksi dibagi jumlah eksemplar buku, dikalikan lima (ada yang mengalikannya dengan 6 atau 7). Itulah harga jual bukumu.

 

Promosi dan distribusi

 


© Pexels.com

 

Setelah buku dan harga jual siap, tentunya buku perlu dipromosikan dan didistribusikan agar 'bertemu' dengan pembacanya. Kamu bisa bekerjasama dengan toko-toko buku ternama atau mendistribusikannya secara online.

 

Itulah langkah-langkah umum penerbitan buku secara self-publishing. Tak sulit 'kan? #MasaGakMau memiliki buku karya sendiri dengan namamu yang tercetak di sampulnya? Semoga sukses ya!