ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Nian Gao


© sugar&everythingnice

Nama lain dari Nian Gao adalah kue keranjang. Nyaris Nian Gao ini selalu ada di setiap gelaran Tahun Baru China. Kue ini disajikan bertingkat, di mana bagian paling besar ada di bagian bawah, serta bagian paling kecil berada paling atas. Maknanya untuk meningkatkan rezeki maupun kemakmuran.

Buah Jeruk


© unzippedtv

Sekalipun gampang dijumpai setiap saat, nyatanya tampilan jeruk saat Imlek amatlah spesial. Setidaknya hal itu bisa dilihat dari tangkai daun pada buah jeruk yang sengaja dibiarkan. Hal ini melambangkan kehidupan yang sejahtera. Sementara warna kuning yang juga diasosiasikan warna emas pada kulit buah jeruk, dimaknai sebagai kemakmuran.

Siu Mie


© foody.id

Siu Mie menjadi salah satu hidangan wajib ada saat perayaan Imlek berlangsung. Mienya punya tekstur kenyal serta rasa yang gurih. Yang bikin istimewa, mienya sengaja tak dipotong alias dibiarkan panjang. Makannya pun harus penuh, dari ujung ke ujung, tanpa diperbolehkan digigit hingga putus. Tujuannya agar siapapun yang memakannya bisa diberkahi umur panjang.

Jiaozi


© thedailymeal

Makanan sejenis pangsit yang isinya daging, sayuran juga udang yang dicincang. Jiaozi sengaja dibuat serupa uang China kuno. Hal ini untuk melambangkan kelimpahan rezeki juga kebersamaan. Maka dari itu, Jiaozi ini tepatnya dimakan ramai-ramai bersama keluarga.

Yusheng


© Singapore tatler

Selain menu khas Imlek, sajian ini juga terbilang super sehat. Sebab, Yusheng pada dasarnya merupakan salad ikan tuna atau salmon segar yang dipadukan dengan irisan lobak dan wortel. Supaya lebih nikmat, salad ini dicampur minyak goreng, minyak wijen juga merica. Khusus sausnya, merupakan paduan minyak wijen, saus buah prem, kayu manis dan gula pasir. Sama dengan hidangan Imlek lainnya, makan Yusheng perlu diangkat tinggi-tinggi, agar bisa mendapatkan peruntungan yang baik di tahun baru.

Bagaimana tertarik untuk mencoba salah satu menu khas Imlek pembawa keberuntungan tersebut?