ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Menurunkan Tekanan Darah


© pixabay

Uring-uringan atau sifat temperamental bukan saja kita dijauhi dalam interaksi di lingkungan sosial. Namun, hal itu juga berdampak buruk bagi kesehatan, seperti berisiko meningkatkan tekanan darah. Secara ilmiah, hal itu pun bahkan telah dibuktikan dalam sebuah penelitian di Harvard Medical School. Lewat sebuah studi, meditasi ternyata mampu mengurangi kebiasaan uring-uringan. Lebih jauh, manfaatnya bahkan mampu menurunkan tekanan darah dalam tubuh.

 

Melancarkan Saluran Cerna


© pixabay

Percaya atau tidak, pikiran negatif ternyata dapat berdampak buruk bagi kesehatan saluran pencernaan. Namun, penelitian yang dilakukan di State University of New York membuktikan jika meditasi ternyata mampu memperbaiki gangguan pada kesehatan saluran pencernaan. Saat sedang meditasi, secara tak langsung seseorang juga berlatih berpikiran positif. Dan, hal itu pun mampu menghindarkan gangguan pencernaan, seperti kembung, diare maupun konstipasi.

 

Menjaga Emosi Tetap Stabil


© pixabay

Sering merasa suka uring-uringan hanya gara-gara masalah sepele? Cobalah melakukan meditasi. Sebab, meditasi ternyata mampu menjaga kestabilan emosi. Terlebih jika selama ini emosimu kerap terganggu dengan ingatan buruk yang mungkin pernah terjadi di masa lampau. Meditasi menjadi jalan terbaik untuk merilis trauma tersebut secara perlahan. Hal ini karena pada dasarnya meditasi adalah belajar ketenangan diri, termasuk dengan membuang pikiran-pikiran negatif.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh


© pixabay

Meditasi menggabungkan latihan olah tubuh juga pernapasan. Rupanya hal ini memberikan dampak positif bagi daya tahan tubuh. Menurut studi di Ohio State University, meditasi mampu menciptakan rileksasi pada otot tubuh. Apabila hal tersebut dipraktekkan setiap hari, bahkan mampu membasmi sel-sel yang bersifat patogen, seperti sel kanker. Walhasil, peran meditasi ini pun mampu membantu peningkatan daya tahan tubuh.

Melihat manfaatnya yang begitu besar, maka tak perlulah menunda waktu terlalu lama untuk #BeraniBeda melakukan meditasi dari sekarang. Bukan saja manfaatnya dari sisi kesehatan, kamu pun tak akan dianggap kuper alias kurang pergaulan, lantaran aktif mengikuti tren olahraga kekinian, berupa meditasi. Selamat mencoba, ya.