ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Seperti sebuah pepatah yang mengatakan, “Banyak jalan menuju Roma”, banyak jalan pula untuk pergi ke luar negeri dengan gratis. Daripada menghabiskan banyak uang, kamu bisa lho mencoba cara-cara ini untuk pergi ke luar negeri gratis!


Program pertukaran pelajar


clubrunner.blob.core.windows.net

Kabar baik untuk kamu yang masih berstatus sebagai siswa atau mahasiswa. Banyak lembaga yang menyediakan program pertukaran pelajar. Kamu bisa mencari informasinya lewat internet dengan mudah. Bahkan, sudah banyak akun-akun yang khusus dibuat untuk berbagi informasi tentang program pertukaran pelajar. Kamu juga bisa datang ke bagian kemahasiswaan untuk mencari tahu informasi tentang program pertukaran pelajar. Seringkali, universitas dari luar negeri menawarkan kerjasama khusus dengan beberapa universitas.

Sebelumnya, kamu harus mempersiapkan berbagai persyaratan yang diperlukan. Seperti sertifikat IELTS, paspor, dan memiliki ipk dengan angka tertentu. Sebaiknya, kamu melakukan persiapan lebih awal. Program yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari summer school yang hanya berlangsung selama 1-2 bulan, hingga progam pertukaran pelajar selama satu semester atau satu tahun. Kamu mau pilih program yang mana, nih?


Cari pekerjaan yang bisa mengirimmu ke luar negeri



pilbox.themuse.com

Jika kamu ingin sering berangkat ke luar negeri, kamu bisa mengincar pekerjaan yang mengirimmu ke luar negeri. Saat ini, banyak perusahaan yang tidak segan mengirim karyawannya ke luar negeri. Kamu bisa memilih bekerja sebagai jurnalis dan fotografer. Media tempatmu bekerja akan mengirimmu ke luar negeri untuk berbagai keperluan. Contohnya, meliput press conference sebelum film Hollywood ditayangkan.

Kamu juga bisa bekerja sebagai staff pemerintah atau dosen. Untuk melakukan studi banding, pemerintah sering mengirim Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan biaya yang ditanggung pemerintah. Dengan memiliki pekerjaan yang tepat, kamu akan sering mendapat fasilitas untuk berangkat ke berbagai negara untuk urusan pekerjaan. Asik kan, bisa bekerja dengan rasa jalan-jalan?


Mengikuti kegiatan sukarela ke luar negeri



natureconservancy-h.assetsadobe.com

Program volunteer sering dibuka bagi berbagai negara. Salah satunya di Indonesia. Banyak tawaran untuk menjadi volunteer yang dibiayai penuh oleh pihak penyelenggara acara. Negara tujuan yang ditawarkan pun beragam. Mulai dari negara tetangga, seperti Malaysia dan Singapura. Hingga negara-negara yang berada di benua eropa. Beberapa program volunteer memintamu untuk menjadi staff pengajar. Materi yang diajarkan tergantung dari program yang kamu pilih. Sementara ada pula program volunteer lain yang mengharapkan program kerja dari para volunteer yang diberangkatkan.


Mencari beasiswa kuliah ke luar negeri


sumitomocorp.com

Kamu bisa menetap di luar negeri selama bertahun-tahun dengan gratis, lho! Caranya adalah dengan mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Alternatif ini sangat tepat bagi kamu yang ingin merasakan berbaur dengan masyarakat di negara lain. Saat ini, banyak program beasiswa ke luar negeri  yang ditawarkan. Mulai dari beasiswa program pemerintah, hingga beasiswa Erasmus yang berasal dari eropa. Jika sudah memiliki jurusan di universitas tertentu, kamu juga bisa mencari tahu beasiswa yang khusus ditawarkan oleh pihak universitas. Meskipun banyak program beasiswa yang ditawarkan, kamu harus mempersiapkan persyaratan dengan serius, ya! Kamu tidak hanya bersaing dengan orang-orang dari Indonesia saja.

Ternyata banyak banget ya cara yang bisa dilakukan untuk pergi ke luar negeri tanpa mengeluarkan biaya? Bagaimana? Sudah siap untuk mengikuti salah satu cara di atas?