ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Praktik meditasi membantu otak untuk fokus, sehingga dapat membantu meningkatkan konsentrasi. Studi dari Harvard Medical School juga menemukan korelasi positif antara kerja otak yang rutin meditasi selama delapan minggu dengan kualitas penerimaan informasi.

 

2.Meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi kecemasan

Menurut penelitian dari Stanford University, meditasi rutin dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan rasa percaya diri. Meditasi memberikanmu kesempatan untuk berhenti sejenak dari kesibukan sehari-hari dan mulai melakukan refleksi diri dan memberikan afirmasi positif.

 

3.Mengurangi tingkat stres

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Health Psychology menyatakan bahwa praktik meditasi rutin dapat membantu mengurangi tingkat hormon kortisol pada tubuh yang menyebabkan stres. Karena itu, meditasi dapat membuat tubuh dan pikiran terasa lebih rileks.

 

4.Membantu melawan ketergantungan

Meditasi membantu memperbaiki pekerjaan reseptor otak yang terasosiasi dengan ketergantungan alkohol maupun obat-obatan. Sebuah penelitian dalam jurnal Substance Abuse and Rehabilitation membuktikan, meditasi membantu pasien rehabilitasi untuk mencegah ketergantungan kembali lagi di masa depan.

 

5.Mengatasi rasa sakit

Studi dari University of Utah merekomendasikan praktik meditasi rutin untuk membantu mengatasi rasa sakit setelah operasi. Studi yang diikuti lebih dari 6.400 partisipan ini membuktikan bahwa koordinasi tubuh dan pikiran dalam meditasi dapat membantu mengurangi rasa sakit, meskipun hasilnya berbeda pada setiap pasien.

 

Belum terlambat untuk memulai praktik meditasi rutin dalam keseharianmu untuk mendapatkan manfaat-manfaat di atas.



Sumber:

https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S092549271000288X

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4283801/

https://www.huffpost.com/entry/mindfulness-meditation-cortisol-stress-levels_n_2965197

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6247953/

https://unews.utah.edu/mind-body-therapies-alleviate-pain-in-people-prescribed-opioids/