ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Berbicara tentang lomba masak, menu tumpeng memang menjadi menu wajib. Tumpeng sendiri memang lazim dibuat oleh masyarakat Indonesia terutama ketika ada momen yang bersifat syukuran. Hal ini karena tumpeng memiliki makna filosofis yang cukup dalam. Istilah 'tumpeng' sendiri ternyata merupakan akronim dari kalimat berbahasa Jawa 'yen metu kudu mempeng' yang memiliki arti 'ketika keluar (lahir) harus sungguh-sungguh semangat'. Bentuk mengerucut dari tumpeng menyimbolkan konsep ketuhanan yang tinggi dan berada di puncak, simbol ini sekaligus sebagai harapan dan doa supaya derajat kehidupan manusia bisa semakin sejahtera.

 

Dikarenakan tumpeng sudah menjadi menu wajib, terkadang perlombaannya hanya berkutat pada rasa, isi, dan penataan. Kalau dibebaskan untuk memilih menu makanan yang akan dilombakan, mungkin beberapa referensi ini bisa menjadi ide. Tertarik?

 

 

https://img-global.cpcdn.com

 

Bubur merah putih

Menu bubur merah putih adalah menu yang hampir selalu ada setiap tanggal 17 Agustus setiap bulannya di samping menu nasi tumpeng. Bubur ini sebenarnya tidak benar-benar berwarna merah, namun menggunakan gula merah dalam campuran bubur tersebut sehingga pada bubur yang berwarna merah memiliki cita rasa manis. Sedangkan pada bubur dasarnya yang berwarna putih memiliki rasa gurih dari santan yang digunakan selama melembutkan dan mematangkan bahan dasar ketan.

Bubur merah putih ini biasanya juga dihadirkan ketika ada acara yang berhubungan dengan kelahiran bayi, terutama bayi pertama dalam keluarga. Bubur ini biasanya disajikan dalam tujuh pola berbeda sehingga juga dikenal dengan istilah Bubur Tujuh Rupa. Pola ini memiliki komposisi bubur merah dan putih yang tidak sama antara pola satu dengan lainnya, sehingga ketika dicampur untuk dikonsumsi, perpaduan rasanya biasanya akan berbeda antara pola satu dengan pola lain.

 

 

https://4.bp.blogspot.com

 

Kue tart berwarna merah dan putih

Dikarenakan tidak adanya aturan tertulis yang baku untuk menu makanan yang akan dilombakan saat 17 Agustus, membuat kue tart yang bernuansa warna merah dan putih bisa menjadi pilihan. Bisa jadi, opsi ini menjadi menu unik yang tidak terpikirkan oleh pesaing lainnya. Dalam membuat kue tart berwarna merah dan putih ini, permainan warnanya bisa dengan memadukan kue dasarnya yang berwarna merah dengan krim kocok berwarna putih. Kue dasar berwarna merah ini bisa dibuat dari buah bit, sehingga kesannya memang membuat sebuah kue Red Velvet. Pilihan ini akan menghindarkan kue dari rasa yang monoton sehingga menciptakan sensasi rasa baru. Selain itu dalam penataannya juga bisa menggunakan buah beri yang didominasi warna merah dan ungu sebagai pemanisnya.

 

 

http://4.bp.blogspot.com

 

Puding berwarna merah dan putih

Suka variasi lain? Kamu bisa ambil opsi untuk membuat puding yang didominasi warna merah dan putih. Alternatif puding ini relatif mudah dibuat dan tidak memakan waktu lama maupun peralatan yang banyak. Bahkan jika ingin praktis, bahan dasar puding atau pudding mix sudah banyak dijual di toko bahan kimia maupun swalayan umum. Tinggal kreasi untuk dipadukan dengan bahan makanan lain dan cara penataannya saja yang diunggulkan.

Puding pada dasarnya adalah agar-agar yang dicampur dengan susu, sehingga warnanya menjadi solid. Bahan serupa yang mungkin bisa kamu pakai adalah gelatin. Baik agar-agar maupun gelatin pada akhirnya akan membentuk padatan yang mirip.

 



https://truffle-assets.imgix.net/e3fd213a-s11-286-martabak-manis-nutella-lc-idpng

 

Martabak manis

Ingin mencampurkan jajanan khas Indonesia dengan tren yang sedang digandrungi anak muda sekarang? Pilih opsi martabak manis alias terang bulan dengan tepung mix resep kue Red Velvet. Kamu bisa mencampurkan tepung mix yang sudah kamu beli dengan tambahan bahan lain yang diperlukan untuk membuat terang bulan. Dikarenakan bahan adonan sudah berwarna merah, kamu tinggal memadukannya dengan susu putih atau dengan keju cheddar yang tidak terlalu oranye. Terang bulan ini merupakan jajanan yang cukup umum dan disukai oleh semua orang, mulai dari anak-anak maupun orang dewasa. Sehingga makanan ini akan mudah diterima dan mudah mendapatkan penilaian dari juri ketika ada lomba masak.

 

 

https://driscolls.imgix.net/-/media/assets/recipes/raspberry-coconut-mini-cake.ashx?q=50&fit=crop&crop=entropy&w=1200&h=900&ixlib=imgixjs-3.1.0

 

Mini cake

Hobi membuat kue-kue pastry? Kamu juga tidak salah jika menjadikan opsi makanan ini untuk diunjuk-gigikan dalam ajang lomba masak Peringatan HUT RI tahun ini. Mini cake bisa jadi opsi untuk kamu yang ingin membuat makanan yang bisa cukup untuk banyak orang, diminati oleh anak-anak maupun orang dewasa, plus kamu bisa membuat kreasi berbeda dalam satu hidangan. Bisa jadi kamu memadukan mini cake ini dengan buah maupun bahan makanan lainnya. Tentu saja, 'nilai jualnya' terletak pada dekorasi dan perpaduan warna yang tidak meninggalkan unsur warna merah dan putih. Referensi mini cake seperti ini dapat dengan mudah ditemukan di internet, baik resep dasar maupun referensi penataan. Jadi, kamu tidak perlu terlalu pusing untuk melakukan replikasi jika itu dirasa sebagai pilihan yang paling simple bagimu.

 

Terlepas dari apa pun pilihan makanan yang dipilih dalam ajang perlombaan kali ini, yang kami harapkan semoga ada nilai-nilai yang lebih dalam yang diresapi, seperti semangat, kerja sama, dan totalitas yang diaplikasikan dalam aktivitas kehidupan sehari-hari, bukan hanya pada momen tertentu. Terlepas pula dari menang dan kalahnya keputusan penilai terhadap makanan yang diajukan, semoga hal itu tidak mengesampingkan rasa hangat untuk berkumpul bersama tetangga dan menjalin persaudaraan yang kuat dengan orang-orang di sekitar kita.