ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Perpustakaan Jakarta

Terletak di kawasan Taman Ismail Marzuki, perpustakaan instagrammable yang satu ini bisa dikunjungi dari pukul 9.00–17.00 WIB.

Karena dibatasi sebanyak 300 orang per harinya, kamu wajib mendaftar dulu ya di web resmi Perpustakaan Jakarta. Kemudian, lakukan reservasi kunjungan di “Isi Buku Tamu” pada web, atau aplikasi Jaklitera.

 

2. Grhatama Pustaka

Di Kota Pendidikan, Yogyakarta, kamu bisa temukan fasilitas lengkap untuk memenuhi kebutuhan informasimu. Gedung yang terletak di Bantul ini ramah anak, dengan ruang bermain, ruang musik, ruang dongeng hingga bioskop.

Tak hanya itu, perpustakaan ini juga memiliki koleksi Braille, majalah, koran, hingga bacaan langka loh. Butuh internet? Tenang, kamu bisa akses WiFi secara gratis di sini!

 

3. Pondok Pekak Library & Learning Center

Terletak di Ubud, perpustakaan ini terbuka untuk warga lokal ataupun turis. Sambil menikmati suasana tenang, kamu bisa mengeksplor koleksi buku-buku berbahasa Indonesia, Jerman, Belanda, Jepang, Prancis, Italia, dan Inggris di sini.

Lebih dari sekadar ruang baca, Pondok Pekak juga menawarkan beragam kelas, seperti musik dan tarian tradisional, gamelan, pembuatan topeng, mengukir kayu, hingga kelas bahasa Indonesia.

 

4. Perpustakaan Soeman HS

Disebut sebagai perpustakaan termegah di Asia Tenggara, bangunan ini merupakan salah satu landmark Riau. Dilapisi dengan kaca transparan, kamu bisa menikmati keindahan kota Pekanbaru dari ketinggian.

Perpustakaan ini menampung sekitar 239.032 buku untuk anak-anak hingga mahasiswa, serta beragam arsip Melayu. Dilengkapi dengan sistem yang terkomputerisasi, kamu bisa mencari buku-buku dengan mudah.

 

5. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Terletak di Jalan Medan Merdeka Selatan no. 11, Jakarta Pusat, perpustakaan ini merupakan gedung perpustakaan tertinggi di dunia loh!

Terdiri dari 27 lantai dengan tinggi 126,3 meter, gedung ini memiliki ruang baca, teater, pameran hingga layanan khusus anak-anak.

 

Nah, pada Hari Kunjung Perpustakaan, 14 September ini, ada rencana untuk menghampiri perpustakaan mana nih? Sebelum berkunjung, cek kembali jam buka dan aturan terbaru yang berlaku ya!

 

Membaca buku memang bisa dilakukan di mana saja. Nah, kamu bisa bebas mengeksplor perpustakaan di berbagai daerah tanpa takut risiko kecelakaan di jalan dengan asuransi kecelakaan Bebas Aksi.

 

Asuransi yang berlaku di seluruh dunia ini siap meng-cover hingga Rp1 miliar! Preminya pun terjangkau, mulai dari Rp30 ribu/bulan. Daftar, beli, dan klaim bisa dilakukan secara online di sini!



Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20220715123450-269-821956/syarat-dan-cara-daftar-berkunjung-ke-perpustakaan-jakarta-cikini

https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-5828310/grhatama-pustaka-perpustakaan-di-yogya-yang-wajib-diketahui

https://www.littlestepsasia.com/bali/play/indoor-activities/pondok-pekak-library-and-learning-center/

https://wisatasumatera.com/perpustakaan-soeman-h-s-termegah-dan-unik-di-indonesia/

https://bobo.grid.id/read/082886724/perpustakaan-nasional-republik-indonesia-jadi-gedung-perpustakaan-tertinggi-di-dunia-berapa-tingginya-ya?