ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Seperti yang disebutkan di atas bahwa musik ini juga membutuhkan software khusus pengolah musik EDM, ada beberapa jenis software EDM yang umum digunakan untuk belajar bagi seorang seniman pemula yang ingin mendalami jenis musik satu ini. Kalau kamu tertarik kamu bisa mencoba belajar dengan memanfaatkan software berikut.

 

Fruity Loops Studio

Siapa yang sangka kalau software Fruity Loops Studio alias FL Studio awalnya hanya software yang dibuat untuk merekam, mengubah, serta membuat audio semata? Hal ini menjadi tidak terlalu berbeda dengan aplikasi editing audio standar. Namun, sesederhana apapun alat kalau penggunanya kreatif tentu tetap akan mampu menghasilkan karya yang luar biasa. Nyatanya, software 'dasar' ini masih digunakan oleh DJ terkenal seperti Afrojack dan David Guetta. Hasil musik mereka juga selalu mendunia dan diterima oleh sebagian besar penikmat musik saat ini. Kalau kamu tertarik, kamu bisa mencari panduan tutorial untuk menggunakan perangkat ini. Tutorial untuk menggunakan software ini sudah banyak beredar di internet, baik dalam bentuk textbook (PDF) maupun dalam format video. Bahkan kamu bisa menemukan file tutorial dalam bahasa Indonesia yang mudah diunduh dan dipelajari.

 

Ableton Live

Software EDM selanjutnya yang bisa menjadi pijakan pertama untuk dipelajari bagi seniman EDM pemula adalah Ableton Live. Software ini dikenal sebagai program Digital Audio Workstation (DAW), sebuah sistem elektronik yang dirancang untuk fungsi perekaman suara secara lengkap hingga melakukan editing dan playback digital audio. Ableton Live dikenal sebagai program musik EDM yang interaktif dan dilengkapi berbagai fitur yang mendukung keperluan seniman EDM dalam menghasilkan karya musik elektronik mereka. Beberapa keunikan yang menjadi kelebihan dari software ini dibandingkan jenis program lainnya adalah: integrasi antara fungsi DAW - midi - engine suara yang dikenal terbaik; tampilannya modern; proses kerja interaktif; dan fungsi penyesuaian tempo yang dikenal efektif. Hanya saja, satu kekurangan dari software ini adalah kompleksitasnya membutuhkan waktu bagi pemula untuk mempelajari dan menguasai penggunaan program ini.

 

 

https://edm.com

 

Cubase

Selanjutnya, ada software Cubase yang wajib masuk dalam daftar software untuk mempelajari dan membuat musik elektronik bagi seniman EDM pemula. Sama seperti program lainnya, Cubase juga merupakan program DAW yang layak dipelajari untuk menghasilkan musik elektronik. Program serupa yang memiliki tingkatan kesulitan dan tampilan yang kurang lebih sama adalah Nuendo.

Kenapa harus belajar menggunakan Cubase? Beberapa karakteristik dari program ini mungkin bisa menjadi pertimbangan mengapa software ini juga layak dipelajari pemula. Pertama, sejak awal dirancang dan dirilis, program ini fokus untuk melayani produksi audio saja. Namun bukan berarti software ini tidak dilengkapi dengan fungsi MIDI recording, arrangin, dan juga editing. Ini artinya, software ini memperbolehkan pemula untuk mempelajari pada fitur-fitur dasar secara mendalam lebih dulu. Jika kamu merasa membutuhkan software satu tingkat di atasnya yang lebih kompleks, kamu mungkin bisa menggunakan program Nuendo.

 

Image result for edm music

 

https://www.izotope.com

 

Propeller Head Reason

Software satu ini mungkin akan sangat berguna bagi kamu yang masih menggunakan PC dengan basis sistem operasi Windows Vista, 7, dan juga 8. Software Propeller Head Reason ini juga merupakan program DAW yang serupa dengan program sebelumnya, tetapi dikenal sebagai program dengan aplikasi instrumennya yang lengkap. Selain itu program ini juga dikenal menghasilkan sound yang cukup bagus, instrumen yang diatur secara default, dan dikenal ramah terhadap spesifikasi PC dengan RAM kecil. Meski begitu, salah satu kekurangannya yang bersifat teknis adalah program ini cukup memakan area penyimpanan di harddisk yang cukup besar. Untuk bisa memasang program ini, setidaknya pengguna harus menyediakan free space sebesar 25 GB.

 

Logic Pro X

Untuk kamu pengguna laptop Apple MacBook, kamu jelas tidak bisa sembarangan mengunduh dan memasang aplikasi di laptop dengan basis sistem operasi MacOS ini. Maka, kamu mungkin bisa menggunakan opsi software EDM bernama Logic Pro X untuk mempelajari dan membuat musik EDM. Tidak jauh berbeda dengan software EDM lainnya yang sudah dibahas, Logic Pro X mampu melakukan perintah dan fitur-fitur editing yang dibutuhkan seniman EDM.

Salah satu fitur yang sedang menjadi pembicaraan hangat dan terdapat dalam software ini adalah fitur Smart Tempo. Fitur ini diketahui merupakan fitur yang sanggup mendeteksi juga mengatur tempo otomatis selama proyek musik dimainkan. Keuntungan bagi para seniman EDM adalah fitur ini bisa membantu mereka memadukan suara rekaman dari sumber yang berbeda, alias kalau digunakan untuk melakukan remix maupun mashup menjadi lebih mudah.

 

Pemakaian software untuk belajar dan menciptakan musik dengan genre EDM biasanya tidak sekadar mengandalkan satu jenis program. Seniman tak jarang akan melakukan editing lebih dari satu kali dengan program yang berbeda-beda. Kamu bisa melakukan eksperimen dengan beberapa program dan menciptakan musikmu sendiri. Setelah jadi, jangan lupa untuk meluncurkannya di kanal Youtube supaya lebih banyak orang yang mengetahui hasil karya musik EDM otodidakmu. Selamat belajar dan berkarya!