ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tapi sebenarnya walau ada begitu banyak jajanan yang tinggi kalori, kamu tetap bisa menemukan beberapa makanan kekinian yang baik untuk kesehatan. Apa saja makanan tersebut? Cek dulu yuk beberapa makanan kekinian yang tetap baik untuk kesehatan ini.


  Chia seed atau biji chia


cdn.yukepo.com

1.

Biji-bijian ini banyak tumbuh di Afrika. Meski memiliki bentuk yang kecil, biji chia banyak mengandung nutrisi yang baik untuk tubuh. Di dalam biji chia terdapat serat, protein, lemak omega 3, kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor. Dalam 28 gram atau sekitar dua sendok makan biji chia hanya mengandung 101 kalori yang tinggi serat.

 

Biji chia bisa dikonsumsi dengan yoghurt atau oatmeal. Kamu juga bisa mengonsumsinya tanpa tambahan apa pun. Biji chia juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk melawan radikal bebas. Antioksidan ini berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terkena berbagai macam  penyakit.


  Oatmeal


triadtowellness.com

2.

Saat ini ada banyak gerai makanan yang menyajikan penganan berbahan dasar oatmeal bertabur buah, flexseed, biji chia, atau kacang almon. Banyak kedai makanan di Jakarta dan sekitarnya menamainya smoothie bowl. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung vitamin B1 dan B5, fosfor, dan zat besi.

 

Makanan kekinian yang beredar saat ini tidak hanya martabak atau pisang goreng dengan berbagai taburan, tetapi juga ada smoothie bowl, dan beberapa makanan di atas. Dengan tetap mengonsumsi makanan rendah kalori dan kaya nutrisi, kamu akan bisa selalu menjaga berat badan dan kesehatan.


Flaxseed


cms.sehatq.com


Sama seperti biji chia, flaxseed memiliki bentuk yang kecil dengan segudang manfaat kesehatan. Kandungan nutrisi pada flaxseed akan tetap ada meski dipadukan dengan makanan lain seperti yoghurt, oatmeal, atau buah-buahan.

 

Satu sendok makan flaxseed hanya mengandung 37 kalori yang kaya akan serat dan protein. Selain itu, flaxseed mengandung asam lemak omega 3, vitamin B1 dan B6, asam folat, kalsium, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi. Karena itu, flexseed dan biji chia baik untuk kesehatan jantung Anda.

 

Yoghurt

 

hellosehat.com

 

Makanan kekinian yang juga sehat adalah yoghurt. Susu yang difermentasikan ini mempunyai rasa yang unik. Manfaat kesehatannya pun beragam. Yoghurt mengandung protein yang tinggi yang baik untuk kesehatan tulang, otot, dan lain sebagainya. Yoghurt juga mengandung probiotik yang sangat baik untuk kesehatan usus.

 

Jika ditambahkan biji chia dan flaxseed, maka manfaat dari yoghurt akan bertambah yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena mengandung antioksidan. Yoghurt disajikan di dalam kemasan yang mudah dibawa. Karena itu, banyak orang mulai melirik yoghurt sebagai camilan.

 

Itu tadi beberapa kumpulan makanan kekinian yang tetap baik untuk dikonsumsi, sekaligus bisa menyehatkan juga. Ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan kekinian yang hanya terlihat enak di luar saja, tapi malah berbahaya bagi kesehatan. Boleh dikonsumsi, namun jangan berlebihan.