ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Lagu-lagu bernuansa syukur dan ungkapan rasa bahagia menyambut hari natal juga sudah bisa kamu dengarkan di berbagai tempat. Indonesia juga memiliki tradisi seperti di negara barat, dimana sekelompok pemusik menyanyikan lagu natal dalam berbagai kesempatan menjelang natal untuk menyelenggarakan acara amal. Lagu natal juga akan diputar saat perayaan hari natal nanti. Kamu pasti familiar kan dengan berbagai lagu-lagu natal? Nah, apa saja sih lagu-lagu yang biasa diputar menjelang hari Natal? Berikut kumpulan lagu natal terpopuler sepanjang masa!

1. The First Noel

 

desiringgod.org

Lagu ini biasa dinyanyikan saat hari natal untuk merayakan kelahiran Yesus Kristus. Liriknya berisi tentang pujian atas besarnya anugerah yang diberikan Yesus bagi umatnya. The First Noel dibuat oleh seorang komposer musik klasik di Inggris pada abad ke – 18. Kata Noel dalam judul berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti ‘ulang tahun’. 


2. Joy to The World

 

thevoiceofone.org

Lagu ini diartikan sebagai ungkapan kebahagiaan umat Kristen atas kelahiran Yesus, sang juru selamat. Joy To The World merupakan lagu yang ditulis oleh Isaac Watts, seorang penulis yang berasal dari Inggris. Lagu yang pertama kali dirilis tahun 1719 ini digubah oleh seorang komposer Jerman bernama Goerge Frideric Handel


3. Silent Night

 

stillenacht.com

Lagu ini menampilkan makna kekusyukan dan kekudusan dalam dalam menyambut malam yang kudus. Awalnya lagu berjudul bahasa inggris ini merupakan lagu Jerman dengan judul Stille Nacht. Jika kamu nggak familiar dengan lagu ini, maka kamu belum tahu nih jika Silent Night adalah lagu yang sama dengan Malam Kudus. Seorang komposer Jerman bernama Frans Zaver Gruber adalah penggubah lagu ini yang dirilis tahun 1818. Penulisnya adalah bapa Joseph Mor. 


4. All I Want for Christmas is You

 

newsroom.spotify.com

Siapa sih yang nggak pernah mendengar lagu natal yang dipopulerkan oleh Mariah Carey ini? Diva dunia itu merilis lagu ini pada tahun 1994. Ia menulis sendiri lagu All I Want For Chrismast is You bersama Walter Afanasieff. Lagu yang memiliki ritme cepat ini membahas tentang cinta dan kasih sayang. 


5. White Christmas

 

goodhousekeeping.com

I'm dreaming of a white Christmas

Just like the ones I used to know

Where the tree tops glisten

And children listen

To hear sleigh bells in the snow

Pernah mendengar lagu satu ini? Irving Belin merupakan penulis sekaligus komposer lagu White Christmas yang dirilis tahun 1940. Saking populernya, versi Bing Crosby dari lagu ini masuk ke dalam daftar Guiness World Records, lho!


6. We Wish You a Merry Christmas

 

dailydot.com

“We wish you a merry christmast and happy new year’ merupakan lirik yang kerap kali menempel di telinga begitu lagu ini diputar. Pendengar pun teringat jika natal dan tahun baru semakin dekat. Lagu yang bermakna ucapan selamat ini sudah ada sejak abad ke 16, lho! Lagu ini pertama kali populer di Inggris dan biasa diputar pada tradisi pembagian makanan yang dilakukan di Britania Raya. Lagu ini nggak hanya memiliki satu versi saja, lho! Kalau kamu sering mendengar versi yang mana, nih?


7. Jinggle Bells

 

youtube.com

Lagu satu ini memiliki tempo yang cepat dan menampilkan kesan riang dan ceria. Suara lonceng juga menjadi salah satu khas yang nggak bisa dilupakan dari lagu ini. Jingle Bells merupakan lagu Natal yang diciptakan pada tahun 1857 di Amerika Serikat. Penulisnya, James Lord Pierpont menciptakan lagu ini untuk menyiratkan semangat dari setiap individu untuk bersinar terang di Hari Natal. Uniknya, saat pertama kali diciptakan, lagu Jingle Bells sebenarnya akan dijadikan lagu untuk merayakan momen thanksgiving.

Sudah ingat dengan berbagai lagu-lagu yang sering muncul di Hari Natal? Menurutmu, lagu apa sih yang paling kamu sukai dari kumpulan lagu natal populer di atas?