ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Epeolatry


©unsplash.com

Epeolatry adalah kata dari bahasa Yunani yang berarti pemujaan terhadap kata-kata. Hal ini berarti para pembaca tidak memerlukan gambar untuk menjelaskan tulisannya. Mereka biasanya sudah dapat memahaminya hanya dengan membaca kata per kata. Hal ini dikarenakan kesenangan mereka terhadap kata-kata itu sendiri. Bagi mereka, deskripsi dengan kata-kata lebih menarik daripada gambar karena dengan begitu, mereka dapat bebas berimajinasi dan membangun theater of mind mereka sendiri.

 

Bibliophagist



©unsplash.com

Menurut Collins Dictionary, bibliophagist adalah seseorang yang “melahap” buku. Ini seperti level yang lebih tinggi dari bibliophile. Jika bibliophile adalah pecinta buku atau kutu buku, bibliophagist adalah orang yang sangat menyukai genre buku tertentu dan mencintai tulisannya hingga kata per kata. Mereka suka membaca keseluruhan isi buku tanpa melewatkan satu bagian pun. Mereka juga mudah “tenggelam” dalam tulisan yang dibaca dan mudah memahami isinya.

 


Logophile

©unsplash.com

Menurut Urban Dictionary, logophile berarti orang yang mencintai kata-kata. Saking sukanya dengan kata-kata, selain suka membaca, mereka juga gemar menulis. Hal ini membuat seorang logophile memiliki banyak pengetahuan kosa kata. Namun, ini tidak membuat mereka berhenti untuk terus mencari kosa kata baru. Mereka juga suka memadu padankan satu kata dengan kata yang lain, hingga menjadi kalimat yang sesuai.

 

Bibliosmia


©unsplash.com

Kata bibliosmia diambil dari bahasa Yunani yang artinya buku dan aroma. Hal ini dimaksudkan untuk menunjukkan aroma yang dimiliki oleh buku, baik itu buku lama atau buku baru. Ada banyak pembaca buku yang ternyata menyukai aroma ini karena menganggapnya sebagai bagian penting dari buku yang ia baca lho. Aroma ini berasal dari gabungan senyawa kimia penyusun kertas. Karena zat penyusunnya yang berbeda-beda, maka aroma dari buku juga bisa berbeda-beda.

 


Book-bosomed


©unsplash.com

Hampir semua bookworm adalah book-bosomed. Book-bosomed adalah orang yang selalu membawa buku ke mana pun ia pergi. Meski tidak selalu dibaca, hal ini dapat memberikan rasa tenang karena mereka bisa membaca buku ketika ada waktu luang seperti ketika menunggu antrian atau berada di tengah kemacetan.

 

Omnilegent  

 

©unsplash.com

Meskipun bookworm suka membaca buku, tetapi tidak semuanya membaca banyak genre buku lho. Kadang ada yang hanya menyukai genre tertentu saja. Nah, jika seorang bookworm melahap semua genre buku tanpa pilah-pilih, mereka bisa disebut omnilegent.

 


Bookarazi


©unsplash.com

Seberapa sering kamu melihat foto buku yang diunggah di media sosial yang terlihat aesthetic dengan berbagai properti tambahan seperti cangkir kopi, kacamata, atau bunga kering? Itu adalah hasil karya dari para bookarazi yang suka memfoto buku yang tengah mereka baca. Ternyata, dengan melakukan hal tersebut dapat memberikan kepuasan tersendiri kepada mereka lho.

 

Apakah kamu pernah mendengar istilah-istilah di atas sebelumnya? Adakah yang sesuai untuk menggambarkan dirimu? Teruskan kegemaran membaca bukumu ya teman-teman. Ingatlah jika buku adalah jendela dunia.