ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Akan tetapi, untuk kamu yang mungkin tidak menjalani sesi upacara bendera, tidak perlu risau karena tidak ada acara makan-makan bersama. Kamu bisa melakukannya sendiri. Supaya lebih afdol menghayati Hari Kemerdekaan, kamu bisa ikut merayakannya dengan menyantap beberapa hidangan yang bisa dibilang wajib untuk kamu santap di tanggal 17 Agustus. Hmm, memang apa saja hidangan tersebut dan apa filosofi di baliknya yang menjadikannya sebagai menu referensi untuk disajikan saat Hari Kemerdekaan?

 

 

http://www.aremafood.com

 

Tumpeng

Menu nasi tumpeng hampir selalu menjadi menu wajib untuk acara-acara yang berkaitan dengan perayaan hari lahir dan hari istimewa lainnya. Menu ini cukup umum terutama di area Pulau Jawa. Tumpeng sendiri merupakan hidang yang terdiri dari nasi (bisa nasi putih atau nasi uduk maupun nasi kuning) yang dibentuk mengerucut dan diletakkan di atas tampah beralaskan daun pisang. Di sekeliling tumpeng tersebut diberi lauk pelengkap yang ditata rapi sehingga nampak cantik. Beberapa lauk yang hampir selalu ada di antara lauk-lauk yang umum digunakan dalam menata Nasi Tumpeng adalah daging ayam, telur ayam, sayuran urap, kacang (kacang tanah maupun kacang kedelai), abon, tahu, tempe, dan tak lupa sambal sebagai pemanis tampilan.

 

Jika hanya dinikmati sendiri, kamu tidak perlu membuat atau membeli paket nasi tumpeng besar yang biasa digunakan untuk makan bersamaan dengan orang lain. Saat ini banyak sekali wirausaha yang menjajakan tumpeng mini dalam sebuah kotak plastik. Cukup hemat dan juga bisa memenuhi hasrat untuk konsumsi satu orang saja.

 

 

https://lintasusaha.com

 

Bubur merah putih

Menu lain yang tidak kalah populernya disajikan saat Hari Kemerdekaan adalah menu bubur merah putih. Namanya memang mengandung unsur warna merah dan putih, tetapi kenyataannya bubur ini sebenarnya berwarna cokelat dan putih. Warna cokelat ini didapatkan dari gula merah yang digunakan dalam campuran bubur, sedangkan warna putih adalah warna dasar bubur ini.

 

Bubur merah putih ini juga dapat dengan mudah ditemui di acara lain, seperti ketika ada tradisi kelahiran bayi baru. Makanan ini merupakan simbol kehadiran adanya manusia baru di dalam sebuah keluarga. Biasanya dalam penyajian, bubur merah putih ini dibentuk dengan pola berbeda-beda dan komposisinya terkadang tidak sama. Pola yang berbeda ini kemudian membuat bubur ini dikenal dengan nama 'Bubur Tujuh Rupa' meski sebenarnya hanya terdiri dari bahan yang sama.

 

 

https://kintamaniid-a903.kxcdn.com

 

Kue celorot

Kue ini dikenal sebagai salah satu jajan pasar unggulan di daerah Jawa. Kue Celorot terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah yang dicampur lantas dibentuk dalam cetakan kerucut yang terbuat dari janur atau daun kelapa muda. Kue ini lebih mirip dengan sebuah jenang dan memiliki karakteristik rasa manis sehingga cukup nagih. Cara makannya pun cukup unik, kita hanya perlu mendorong sisi bawah kue untuk membuatnya keluar dari cetakan. Kue ini sebenarnya dapat dengan mudah ditemukan di pasar karena memang tergolong jajan pasar umum, namun kamu mungkin ingin menikmati momen tersendiri mengonsumsi Kue Celorot saat Hari Kemerdekaan RI. Selain menjadi makanan yang khas di tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, kue ini juga dapat dengan mudah ditemukan pada berbagai jenis acara hajatan lainnya, termasuk pada momen Lebaran.

 

 

https://img-global.cpcdn.com

 

Ayam tuturuga

Kalau dari tadi hanya membahas makanan yang kesannya identik dengan masakan Jawa, menu makanan satu ini akan menjadi referensi lain. Ayam Tuturuga adalah sebuah makanan khas dari Manado, Sulawesi Utara. Sekilas, makanan ini memiliki tampilan yang serupa dengan opor ayam namun memiliki karakteristik rasa yang pedas - karakter rasa yang cukup umum dan disukai masyarakat di daerah Manado.

 

Uniknya, istilah 'Tuturuga' sendiri bukan merupakan istilah proses memasak yang setara dengan istilah 'Rendang'. Tuturuga sebenarnya istilah dari bahasa setempat yang berarti 'penyu'. Dulu, resep Ayam Tuturuga awalnya memang menggunakan daging penyu sebagai bahan utama untuk membuat opor pedas ini. Resep ini tidak hanya terkenal di daerah Manado, tapi juga sebagian besar di daerah Indonesia Timur. Namun dikarenakan praktik penggunaan daging penyu dihentikan, maka alternatif pengganti bahan utama ini diganti dengan daging ayam.

 

 

https://scontent-sea1-1.cdninstagram.com

 

Telok pindang

Dalam bahasa Palembang berarti telur. Menu masakan satu ini juga relatif umum dan mudah ditemukan di area luar Sumatera Selatan. Telok Pindang adalah menu makanan dari telur ayam yang diproses dengan cara merebusnya dalam air bersama dengan daun salam, daun jambu, dan serai. Ketika sudah setengah matang, telur dikeluarkan dari air rebusan dan ditekan sedikit untuk membuat kulit cangkangnya retak. Setelah semua sisi dirasa sudah mengalami keretakan, telur direbus kembali dalam air rebusan tadi hingga matang. Teknik ini akan membuat pola pada daging telur ketika sudah matang, mirip seperti pola batik. Ketika dimakan, telur ini memiliki cita rasa yang khas dan tidak monoton seperti telur biasa karena sudah tercampur dengan bumbu dapur lainnya.

 

Sudah pernah coba semuanya? Atau malah banyak yang asing dengan menu-menu yang sebenarnya umum ini? Di balik kelezatan rasanya, ternyata menu makanan ini memiliki kisah dan filosofi yang cukup mengena dan berkaitan dengan kehidupan sehari-hari ya. Bagaimana pendapatmu tentang makanan khas Indonesia yang ternyata filosofis ini? Apa kamu juga memiliki referensi menu makanan lain yang tidak kalah unik dan filosofis untuk dinikmati di Hari Kemerdekaan RI setiap tahunnya? Beritahu kamu dengan meninggalkan pendapatmu melalui kolom komentar di bawah ya!