ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Setiap orang bisa memperingati hari pahlawan dengan caranya masing-masing. Salah satunya adalah dengan mengenang para pahlawan. Kamu bisa melakukannya dengan menonton film mengenai pahlawan Indonesia. Beirkut kumpulan film pahlawan Indonesia yang bisa kamu tonton menjelang hari pahlawan!

 www.hipwee.com

1.      Soegija (2012)

 

www.youtube.com

Pernah mendengar nama Soegija sebagai pahlawan Indonesia? Pahlawan satu ini memang nggak begitu banyak dibicarakan. Memiliki nama lengkap Monsinyur Albertus Soegijapranoto, ia adalah pribumi pertama yang menjadi uskup di Gereja Katolik Indonesia. Film ini tidak bercerita tentang agama, namun mengangkat isu-isu kemanusiaan. Soegija bergerak dalam perang kemerdekaan sejak tahun 1940 hingga 1949.


2.      Soekarno (2013)


Fm.merdeka.com

Menggandeng aktor kondang Ario Bayu dan Maudy Koesnaedi, Film Soekarno rilis pada tahun 2013. Film ini menceritakan biografi dari presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno. Film Soekarno digarap oleh sutradara ternama, Hanung Bramantyo. Isi dari filmnya menceritakan perjuangan Soekarno mendapatkan kemerdekaan Indonesia.

 

3.      Sang Kiai (2013)


postinganbiasa.blogspot.com

 

Film Sang Kiai bercerita tentang tokoh penting Nahdlatul Ulama (NU) yang juga pahlawan pada masa penjajahan Jepang, KH. Hasyim Asyari. Film ini dibintangi oleh Ikranegara, Christine Hakim, Agus Kuncoro, serta Adipati Dolken. KH Hasyim Asyari menolak tradisi Sekerei yang dibawa oleh Jepang. Pada masa penjajahan Jepang, setiap warga Indonesia harus menghormat kepada matahari sesuai dengan tradisi Sekerei. KH Hasyim Asyari menolak tradisi ini karena tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.

 

4.      Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)


Fanasarrosyidh.blogspot.com

 

Dalam film ini, tokoh utama Oemar Said Tjokroaminoto dibintangi oleh Reza Rahadian. Tjokroaminoto adalah bangsawan dari Jawa yang memiliki latar belakang agama yang kuat. Ia membangun organisasi Sarekat Islam dengan mengorbankan status kebangsawanan yang melekat dalam dirinya. Perjuangannya untuk menyamakan hak rakyat Indonesia pada masa penjajahan patut diacungi jempol. Ia membela hak rakyat dari kekejaman VOC yang memberlakukan sistem tanam paksa.

 

5.      Jenderal Soedirman (2015)

 

beritagar.id

Kegigihan Jenderal Soedirman untuk berperang walaupun dalam kondisi sakit parah diabadikan dalam film satu ini. Film biopik yang dibintangi Adipati Dolken ini rilis pada tahun 2015. Jenderal Soedirman adalah pemimpin perang gerilya ketika kemerdekaan bangsa Indonesia dipermainkan oleh Belanda. Setelah melanggar isi perjanjian Renville, Soekarno dan Bung Hatta diasingkan. Jenderal Soedirman pun mengambil alih pulau Jawa untuk mempertahankan Republik Indonesia dengan berperang secara gerilya selama 7 bulan.

6.      Kartini (2017)

 

id.bookmyshow.com

Siapa yang tak mengenal sosok Kartini, pahlawan perempuan yang tak pernah turun ke medan perang? Kartini membuktikan bahwa melawan penjajahan bisa dilakukan oleh kaum perempuan dengan memperoleh pendidikan. Ia memperjuangkan hak perempuan untuk diperlakukan sama. Film Kartini dibintangi oleh Dian Sastro, Reza Rahadian, Rianti Cartwright, dan Acha Septriasa. Dalam film ini, penonton disuguhi perjalanan seorang perempuan ningrat yang melawan tradisi.


7.      Wage (2017)

 

mydirtsheet.com

Mengumandangkan lagu Indonesia Raya adalah hal yang pasti pernah dilakukan oleh warga Indonesia. Tapi sudah tahukah kamu, siapa komposer lagu kebangsaan ini? Ia adalah Wage Rudolf Supratman. Film biopik yang mengambil nama pertama WR Supratman ini menceritakan perjalanannya berjuang lewat musik. Lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan pada ikrar Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

 

Itu tadi kumpulan film pahlawan Indonesia yang bisa kamu tonton menjelang hari pahlawan. Mau nonton yang mana dulu, nih?