ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1.      Laskar Pelangi

 


www.imdb.com

 

Diadaptasi dari Novel berjudul sama karya Andrea Hirata, film satu ini dirilis pada tahun 2008. Saat itu, banyak sekolah yang mengirim siswanya untuk menonton filmtersebut beramai-ramai di bioskop. Novel Laskar Pelangi sudah diterbitkan di berbagai belahan dunia, seperti Jerman, Spanyol, Portugis, dan masih banyak lagi. Film Laskar Pelangi merupakan film terlaris sepanjang masa.

 

Popularitas film Laskar Pelangi mengikuti jejak Novelnya. Nggak banyak yang dirubah dari novel tersebut. Film ini bercerita SD Muhammadiyah di desa Gantung, Belitung Timur yang terancam akan dibubarkan. Salah satu syarat yang harus dipenuhi agar sekolah terus berdiri adalah dengan mendapatkan 10 orang siswa. Selanjutnya, kisah ini bercerita tentang masing-masing siswa dan kemampuan yang dimiliki. Dalam film ini, para siswa dari sekolah pinggiran ini berjuang untuk mendapatkan hak dan pengakuan yang sama seperti teman-temannya yang bersekolah di sekolah elite.

 

2.      Habibie & Ainun


www.youtube.com

Film Habibie & Ainun terinspirasi memoir yang ditulis Habibie tentang istrinya, Ainun dalam buku dengan judul Habibie & Ainun. Film ini mengisahkan kisah cinta Presiden Republik Indonesia Ketiga, BJ. Habibie dengan mendiang istrinya. Saat rilis pada tahun 2012, film ini disaksikan oleh Presiden RI kala itu, Susilo Bambang Yudhoyono dan Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo.

 

Nggak hanya bercerita tentang cinta mereka, film yang dibintangi oleh Reza Rahadian dan Bunga Citra Lestari sebagai tokoh utama ini, juga menyinggung tentang mimpi besar Habibie untuk membuat pesawat terbang. Pada era Presiden Soeharto, ia pernah menerbangkan pesawat terbang pertama buatan anak bangsa.


3.      Warkop DKI Reborn : Jangkrik Boss! Part 1


cinemapoetica.com

Film komedi satu ini berhasil menyalip Laskar Pelangi sebagai film terlaris sepanjang masa. Kisahnya mengenai adaptasi dari film-film Warkop DKI. Anggota Warkop DKI yang terdiri dari Dono, Kasino, dan Indro diperankan oleh Abimana Aryasatya, Vino G Bastian, dan Tora Sudiro

 

Ada banyak prestasi yang dicapai film garapan sutradara Anggy Umbara satu ini. Beberapa di antaranya adalah penghargaan dari MURI untuk kategori rekor jumlah penonton terbanyak dalam satu hari, yakni 556.000 penonton, dan penonton tercepat dengan angka 1 juta-6,5 juta penonton. Film ini juga memiliki part 2, lho!

 

4.      Pengabdi Setan

 

malangtoday.net

Pernah ditayangkan pada tahun 1980, sutradara Joko Anwar membuat remake film ini dengan judul yang sama. Film yang digadang-gadang sebagai film horror terbaik Indonesia ini meraih banyak penghargaan dalam Festival Film Indonesia 2017. Dari 13 nominasi, 7 di antaranya dimenangkan oleh film Pengabdi Setan.

 

Bercerita tentang sekte, film ini dianggap unik dan berbeda dari kebanyakan film horror Indonesia. Menggandeng aktor utama Tara Basro, Pengabdi Setan menjadi film Indonesia terlaris sepanjang tahun 2017.


5.      Ayat-Ayat Cinta

 

www.youtube.com

Film garapan sutradara Hanung Bramantyo tahun 2008 silam ini adalah film yang amat populer. Kisahnya menceritakan Fahri yang merupakan pelajar Indonesia di kampus Al-Azhar, Mesir. Ayat-ayat cinta adalah kisah cinta dengan cara islam. Di Mesir, Fahri harus menghadapi banyak hal seputar cinta yang diselesaikan dengan cara-cara islam.

 

6.      Cahaya dari Timur : Beta Maluku

 

 

www.kaskus.co.id

Film yang dibintangi Chico Jericcho ini memberikan gambaran tentang kehidupan di Ambon yang nggak banyak diberitakan oleh media. Sani Tawainella, seorang coach sepak bola, ingin menyelamatkan anak didiknya dari konflik agama di Ambon. Ia harus membawa timnya mewakili Maluku dalam ajang nasional. Sani pun mencampurkan anak-anak yang berbeda agama dalam satu tim. Hal ini menimbulkan konflik baru. Mereka harus memilih antara keluarga atau cita-cita.

 

Dari keenam film di atas, yang mana sih yang sudah pernah kamu tonton?