ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ceker


lifestyle-indonesia.com

 

Belum pernah makan ceker? Sebagai orang Indonesia, rasanya hampir tidak mungkin kalau kamu belum pernah mencoba makanan satu ini. Banyak olahan hidangan di Indonesia yang menggunakan ceker. Namun, banyak orang menganggap masakan satu ini adalah makanan ekstrim. Alasannya karena ceker adalah cakar ayam yang berasal dari bagian kaki.

Beberapa orang menganggap kaki ayam tidak aman untuk dikonsumsi karena kotor. Meksipun tidak semua orang suka makan ceker, banyak olahan hidangan ceker yang laris di pasaran. Ceker biasa disajikan bersama mie ayam, seblak, atau sajian makanan lainnya. Ceker lebih sering diolah dengan bumbu pedas.


Belalang goreng


yogyakarta.panduanwisata.id

Kamu bisa menemukan kudapan satu ini di Gunung Kidul, Yogyakarta. Makanan khas daerah Gunung Kidul ini memiliki kandungan protein yang tinggi. Biasanya, warga Gunung Kidul mengolahnya dengan memberi bumbu bawang putih, garam, dan ketumbar.

Sebelum dimasak, bagian kaki dan sayap belalang harus dilepas terlebih dahulu. Setelah dibumbui, belalang bisa digoreng kering. Setelah matang, belalang goreng bisa disantap seperti lauk biasanya. Berani coba makan belalang goreng?


Jeroan


cdn.idntimes.com

Jeroan adalah organ dalam dari hewan ternak. Contohnya seperti hati, ampela, babat, dan paru. Apakah kamu sudah sering makan jeroan? Jeroan memang jadi salah satu makanan yang biasa disajikan, baik dengan digoreng, direbus, atau pun diberi bumbu penyedap.

Tetapi, jeroan termasuk makanan ekstrim, lho! Pasalnya, banyak orang yang tidak bisa makan jeroan karena tidak tahan dengan baunya. Ada pula yang tidak memakan jeroan karena merasa jenis makanan satu ini tidak higienis. Di luar negeri, jeroan digunakan untuk pakan hewan ternak atau peliharaan, seperti babi, anjing, kucing, dan hewan ternak lainnya.


Jengkol


2.bp.blogspot.com

Makanan khas betawi ini adalah salah satu makanan ekstrim, lho! Meskipun tidak berasal dari bahan yang kurang higienis, tidak semua orang dapat makan jengkol. Alasannya, jengkol memiliki bau yang tidak sedap. Tapi tak sedikit orang-orang yang menjadi penggemar jengkol. Tak heran, olahan masakan jengkol beragam dan sangat banyak.

Bau yang ditimbulkan oleh jengkol tidak hanya tercium saat proses memasak saja. Ketika selesai dimakan, bau menyengat akan tetap menempel di urin dan menjadi bau mulut. Banyak orang yang tidak nyaman dengan bau yang ditimbulkan penikmat jengkol. Meskipun begitu, jengkol juga punya manfaat secara medis. Jengkol bisa menyembuhkan penyakit anemia dan mencegah osteoporosis.


Rujak cingur


i2.wp.com/blog.reddoorz.com

Sudah familiar dengan masakan khas jawa, rujak? Kalau dengan rujak cingur, apakah kamu sudah pernah mencobanya? Rujak cingur adalah masakan khas dari Surabaya. Diberi nama rujak cingur, karena rujak yang satu ini mengandung cingur atau hidung sapi.

Seperti rujak pada umumnya, rujak cingur dilengkapi dengan tauge, kangkung, kacang panjang, tempe, tahu, dan lontong. Sausnya terbuat dari petis, gula merah, cabai, kacang tanah, dan pisang batu. Bedanya, ada cingur yang menjadi salah satu bagian utama dari hidangan ini.

Dari kelima makanan di atas, mana yang jadi favoritmu?