ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Menariknya, demi menggaet pasar internasional, baru-baru ini beberapa idol atau penyanyi KPOP berkolaborasi dengan musisi mancanegara. Duet epik yang #BeraniBeda itu pun mampu memberikan nuansa baru dalam lagu-lagu KPOP, hingga bisa dinikmati oleh semua penikmat musik, layaknya musik-musik pop pada umumnya.

 

Sebagai penutup akhir tahun, berikut kolaborasi manis idol KPOP dengan musisi internasional yang bisa coba kamu dengarkan.

 

Dua Lipa + Blackpink (Kiss and Make Up)

 

©Instagram/dualipa

 

Populer dengan hits DDU-DU-DDU-DU, BLACKPINK sepertinya enggan berpuas diri. Demi memanjakan Blink alias fansnyagirlgroup yang digawangi Jisoo, Lisa, Rose dan Jennie tersebut justru menyuguhkan musik baru hasil kolaborasi dengan penyanyi asal Inggris, Dua Lipa. KISS AND MAKE UP pun dipilih sebagai single duet Dua dan Blackpick dalam album Dua Lipa (Complete Edition). Dengan mengusung genre electro-pop dan sedikit unsur EDM, KISS AND MAKE UP jadi salah satu lagu baru yang cukup digemari penikmat musik, bahkan selain fans KPOP.

 

Steve Aoki & BTS (Waste It On Me)

 

©Instagram/steveaoki

 

Steve Aoki bukanlah rekan duet baru bagi megastar boygroup asal Korea Selatan, BTS. Di tahun 2017 lalu, MIC DROP (REMIX) BTS feat Steve Aoki sukses menyabet Platinum Certification dari Recording Industry Association of America (RIAA) karena sukses menggebrak pasar musik Amerika. Mengulang kesuksesan MIC DROP (REMIX), Aoki pun menggandeng BTS kali ini untuk lead single dalam album barunya Neon Future III, WASTE IT ON ME. Terlebih music video lagu bergenre ­EDM-Future Bass menggandeng banyak artis Asia-Amerika, seperti Ken Jeong dan Jamie Chung, sebagai representasi ‘kesuksesan’ Asia. Lagu pertama BTS full in english ini pun sukses merajai berbagai tangga lagu musik sejak pertama dirilis lho.

 

Wendy + John Legend (Written In The Stars)

 

©Instagram/redvelvetwendy

 

Bukan tampil sebagai group, Wendy ‘Red Velvet’ juga bikin gebrakan dengan duet langsung dengan salah satu musisi penerima Grammy Awards, John Legend. Single berjudul WRITTEN IN THE STARS ini jadi salah satu lagu kolaborasi artis dari SM Entertainment, label yang menaungi Red Velvet, dengan musisi di luar manajemen. Nantinya, lagu-lagu kolaborasi tersebut bakal digabungkan dalam album bertajuk STATION x 0. Sebagai informasi, single bergenre R&B ini berkisah tentang sepasang kekasih yang saling mencintai meski jarak dan waktu kerap memisahkan. So sweet banget, kan?

 

Black Eyed Peas + CL (Dopeness)



©Instagram/bep

Kolaborasi terakhir yang patut kamu dengar di pengujung tahun ini adalah Black Eyed Peas (BEP) dengan CL. Lewat single DOPENESS, rapper sekaligus mantan personel girlgroup 2NE1 itu, menandai keempat kalinya berkolaborasi dengan BEP. Menariknya, DOPENESS ditulis sendiri oleh CL dan BEP. Jangan kaget jika single tersebut begitu kuat karakter keduanya, lebih-lebih saat kamu melihat sendiri music video­­-nya.

 

Bagaimana, sudah mendengarkan satu per satu lagu-lagu kolaborasi tersebut? Jangan bilang tak suka sebelumnya mendengarnya langsung, ya. Karena nuansa lagu-lagu tersebut benar-benar baru, bahkan baik penggemar KPOP maupun non- KPOP  bakal dibikin takjub.