ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
Pandemi COVID-19 telah mendorong kita untuk keluar dari kebiasaan lama. Dari bekerja di kantor menjadi bekerja di rumah. Tentu saja, keseimbangan antara hidup dan pekerjaan bisa jadi ikut terganggu dengan adaptasi pola keseharian yang terus berganti. Kalau kamu mulai merasakan stres dan burnout akibat pandemi COVID-19, simak tips-tips untuk mengatasinya berikut ini!

1. Ciptakan lokasi kerja yang ideal
Bagi kamu yang harus bekerja dari rumah selama pandemi ini, mencari tempat yang nyaman untuk bekerja di rumah menjadi suatu tantangan tersendiri. Tidak jarang kamar tidur dijadikan tempat bekerja selama berada di rumah. Padahal, tempat kerja khusus itu penting untuk menjaga produktivitas dan mencegah burnout karena kaburnya batasan antara keseharian dan pekerjaan. Kamu bisa tentukan satu space di rumah untuk dijadikan tempat kerja. Tidak harus sebuah ruangan khusus, meja di sudut ruangan pun dapat kamu manfaatkan.

2. Tetapkan waktu istirahat
Saat bekerja di kantor, waktu istirahat biasa dimanfaatkan untuk makan siang, mengobrol dengan teman, atau berkeliling sejenak. Ketika bekerja dari rumah, kadang sulit untuk menentukan kapan waktunya beristirahat dan apa yang harus dilakukan. Layaknya bekerja di kantor, tetapkan waktu istirahat rutin selama bekerja dari rumah. Kamu bisa memanfaatkan waktu istirahat untuk makan siang atau bersantai sejenak dengan keluarga. Istirahat juga bisa menyegarkan pikiranmu supaya tetap fokus dan produktif saat bekerja.

3. Buat transisi antara awal dan akhir jam kerja
Rutinitas saat bekerja di kantor seringkali dimulai dengan sarapan dan berangkat kerja, kemudian diakhiri dengan tap out absensi dan bersiap-siap pulang. Transisi yang menandai awal dan akhir jam kerja ini tidak lagi ada saat kamu bekerja di rumah. Karena itu, tugas-tugas seringkali dikerjakan pada waktu-waktu di luar jam kerja saat berada di rumah. Untuk mencegah hilangnya batasan antara hidup dan pekerjaan, tentukan transisi yang menandai awal dan akhir jam kerjamu, seperti berpakaian rapi saat mulai bekerja dan mematikan komputer setelah selesai.


Dengan work-life balance, kamu dapat menjalani hari-hari yang produktif dan bebas burnout di tengah pandemi. Selain keseimbangan dalam kehidupan, kamu juga perlu mempersiapkan perlindungan. FWD Critical Armor melindungi kamu dari 65 jenis penyakit kritis major dan minor, dan bisa diklaim hingga lebih dari 3 kali! Jika didiagnosis penyakit kritis major, kamu dibebaskan dari kewajiban membayar premi. Kalau sehat terus dan tidak pernah terdiagnosis penyakit kritis major? Premi kembali 100% di akhir masa asuransi!* Lihat selengkapnya di https://www.fwd.co.id/id/protect/critical-illness/critical-armor/

*Syarat & ketentuan berlaku