ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Dua produk alat transaksi digital (elektronik dan aplikasi mobile) yang saat ini populer digunakan adalah e-money dan transaksi non-tunai. Yuk kenalan dengan keduanya!

 

E-money

 

© Shutterstock

E-money atau electronic money adalah produk alat transaksi digital yang kini sedang gencar digunakan, bahkan untuk transaksi pembayaran uang tol. E-money tak hanya menjadi pengganti uang tunai fisik yang setara, melainkan juga menawarkan sistem pembayaran dari satu akun ke akun yang lain secara digital.

 

Dibandingkan dengan penggunaan kartu kredit atau debit, pengguna kartu e-money tidak perlu meberikan informasi saat bertransaksi sehingga meminimalisir pencurian data pribadi hingga penipuan.

 

Transaksi non tunai

 

© Shutterstock

 

Metode keuangan non tunai ini sebetulnya sudah ada sejak tahun 1990-an. Alat transaksinya terdiri dari tiga jenis yaitu berbasis kertas, berbasis elektronik dan berbasis aplikasi mobile.

 

Pernah dengar tentang cek, bilyet giro dan nota debet? Ketiganya merupakan alat transaksi berbasis kertas yang menggunakan sistem kliring di Bank Indonesia.

 

Meski masih ada yang menggunakan tiga alat transaksi berbasis kertas tersebut tetapi saat ini generasi milenials lebih suka menggunakan alat transaksi elektronik dan berbasis aplikasi mobile. Alat transaksi elektronik muncul setelah era kertas dengan kartu kredit, kartu debit dan uang elektronik dengan chip sebagai produknya.

 

Sementara transaksi berbasis aplikasi mobile kini sudah sangat lazim digunakan generasi milenial. #BeraniBeda dari generasi sebelumnya, generasi milenial dapat melakukan transaksi keuangan semudah sentuhan terkoneksi di layar smartphone. Lebih mudah dan aman dari tindak kejahatan di dunia nyata karena mengurangi risiko pencopetan atau perampokan uang tunai fisik.

 

Saat ini, penggunaan e-money dan transaksi non tunai diproyeksi akan mengurangi jumlah uang tunai yang beredar sehingga mengurangi biaya cetak uang fisik pula. Dampak lainnya adalah penurunan biaya transaksi dan efektivitas waktu yang tercipta dengan kebiasaan baru ini.

 

Sebagai generasi milenial, sudah siapkah kamu menjadi bagian dari cashless society?