ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Meski sebagian developer biasanya akan membuat musik iringan yang sederhana untuk program permainan mereka, nggak sedikit juga developer yang kreatif memasukkan musik-musik khas dari seniman terkenal untuk program game mereka. Kalau kamu ngaku sebagai seorang gamer sejati, seharusnya kamu nggak asing dengan 5 jenis musik di dunia per-game-an ini. Coba tebak nama game ini berdasarkan musiknya, tebakanmu benar atau nggak?

 

 

media.contentapi.ea.com

 

Alan Walker – Spectre

Hampir semua orang tahu Alan Walker. Lagu miliknya yang berjudul Faded yang dirilis di tahun 2015 silam sukses booming dan menjadi titik balik musik EDM diterima masyarakat. Setelah itu, bermunculan banyak musik-musik serupa dan para musisi EDM lainnya juga menjadi lebih dikenal oleh masyarakat dunia. Setiap musisi punya karakternya masing-masing, begitu pun dengan musik Walker satu ini. Alan Walker sendiri adalah seorang musisi musik elektronik atau DJ berkewarganegaraan Norwegia. Karya-karyanya nggak pernah nggak bagus dan mudah diterima. Selain Faded, karya musik lainnya yang tidak kalah booming adalah Spectre yang jadi backsound salah satu game yang booming hingga saat ini. Kira-kira nih, kamu tahu nggak game apa yang menjadikan Spectre ini sebagai musik latar permainan mereka?

 

Cartoon - On & On (feat. Daniel Levi)

 

 

i.ytimg.com

 

Selain Alan Walker dengan Spectre-nya, musik berjudul On & On hasil kolaborasi Cartoon dan penyanyi Daniel Levi ini juga dikenal mengisi soundtrack salah satu permainan game yang booming saat ini. Nggak banyak informasi beredar yang bisa diulik tentang Cartoon sang musisi EDM maupun sang penyanyi, Daniel Levi.

 

Musik On & On sendiri punya karakter musik yang khas musik elektronik. Perpaduan ketukan irama yang cepat namun tempo yang tidak terlalu cepat membuat musik ini nikmat didengarkan untuk bersantai. Jika memperhatikan liriknya, lagu ini juga menggambarkan semangat untuk berjalan terus, seperti judul lagunya.

 

JANJI - Heroes Tonight (feat. Johnning)

 

 

marcfreccero.com

 

Musik yang dikenal sebagai backsound game lainnya adalah musik elektronik berjudul Heroes Tonight yang merupakan karya musisi bernama Janji dengan menggaet penyanyi Johnning. Hmm, namanya agak unik ya karena seperti termin dalam bahasa Indonesia asli. Janji merupakan musisi asal Finlandia yang dikenal publik setelah merilis lagunya di bawah 'naungan' kanal Youtube NCS alias No Copyright Sounds. Mungkin karena belum 'resmi sebagai musisi' jadi belum ada video musik resmi yang diunggah dari akun pribadinya.

 

Seperti karakter musik elektronik lainnya, musik Heroes Tonight ini juga punya karakter musik dengan irama yang relatif cepat dan musik yang bersemangat. Kamu yang butuh dopping musik penyemangat tetapi tidak terlalu cepat iramanya mungkin akan menyukai lagu ini. Plus, liriknya yang dalam menggambarkan bahwa setiap dari kita adalah pahlawan bagi kita sendiri, dijamin bikin lebih percaya sama diri sendiri!

 

Elektronomia - Sky High

 

 

zozotheme.com

 

Sepertinya aliran musik EDM yang lagu-lagunya digunakan sebagai backsound dari sebuah game ini banyak yang menggunakan hasil karya musisi yang belum terkenal sebelumnya. Musik berjudul Sky High yang diketahui hasil karya Elektronomia ini juga dikenal sebagai salah satu musik yang digunakan untuk backsound aplikasi permainan. Karakter yang sama dengan lagu-lagu sebelumnya adalah musik ini masih tergolong dalam kelas EDM, namun yang unik adalah sepanjang lagu tersebut tidak terdapat lirik sama sekali. Yaa cocok lah untuk kamu yang suka mendengarkan musik instrumen tanpa 'terganggu' lirik lagu.

 

Different Heaven & EH!DE - My Heart

  

i.ytimg.com

 

Terakhir, ada karya dari musisi Diferent Heaven dan EH!DE yang menelurkan karya mereka dengan judul My Heart. Kalau lagu-lagu sebelumnya tergolong relatif pelan untukmu, kamu mungkin akan menyukai lagu My Heart ini. Uniknya, lagu ini hanya sedikit mengandung unsur lirik di dalamnya. Sisanya adalah alunan musik elektronik yang membentuk irama cepat, sebuah faktor dalam musik yang dipercaya bisa menaikkan gairah dan semangat bagi pendengarnya. Sangat sedikit informasi yang bisa digali dari musik maupun musisi satu ini. Coba dengarkan, kalau kamu gamers sejati, kira-kira tahu nggak ini pernah muncul untuk jadi backsound pada game apa?

 

Sejauh yang bisa didengarkan, musik-musik di atas punya kesamaan yang mungkin jadi latar belakang mengapa dipilih untuk jadi backsound permainan game. Kesamaan itu adalah sama-sama musik dengan aliran EDM alias Electronic Dance Music. Pertanyaannya adalah mengapa jenis musik ini yang dipakai? Musik EDM ini punya ketukan irama yang cepat sehingga lebih cocok untuk tujuan membangkitkan semangat. Hal ini sejalan dengan tujuan para developer mengaitkan musik ini ke dalam permainan mereka, yaitu supaya pemainnya nggak mudah bosan dan terus terpacu memainkan permainan tersebut.

 

Dikarenakan ketukan irama cepat yang membangkitkan semangat tersebut, sejatinya terdapat proses yang berjalan dalam tubuh kita sebagai pendengar yang menikmatinya. Pada saat kita mendengarkan musik ini, tubuh kita akan meresponnya dengan melepas hormon serotonin yang dikenal dapat menimbulkan rasa bahagia serta hormon dopamin yang mampu membuat kita lebih semangat. Pada akhirnya, kita akan merasa lebih dapat berkonsentrasi disertai perasaan euforia di saat bersamaan.

 

Hmm, para gamers sudah tahu fakta tentang musik EDM dibalik game favorit kalian belum? Untung sempat mampir di artikel ini. Jadi kalian juga tahu tentang maksud di balik penataan musik untuk game yang selama ini kalian mainkan.