ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel
Kuliner Kota Surabaya memang sangat beraneka ragam. Mulai dari makanan khas Surabaya-nya sendiri, makanan dari kota-kota sekitar hingga makanan yang terwujud dari akulturasi budaya penduduknya. 

Ngomong-ngomong soal kuliner Surabaya yang bervariasi ini, salah satu tempat legendaris yang bisa kamu kunjungi untuk berpetualang kuliner adalah Pasar Atom. Pasar Atom merupakan pasar kuno yang kini sudah bertransformasi serupa mall modern. Ada banyak sekali toko-toko makanan yang menggoda selera makan. Jangan bingung, kami punya rekomendasinya:

 

Cakue Peneleh

 

©akulily

Cakue, roti dengan cita rasa asin ini adalah camilan yang enak disantap saat masih panas dengan cocolan saus sambal. Cakue biasa yang dijual di pinggir jalan saja sudah enak, apalagi Cakue Peneleh di Pasar Atom ini.

 

Berjualan sejak tahun 1988, Cakue Peneleh diracik khusus dengan adonan ayam dan udang yang dijadikan topping cakue. Rasa gurih-asin dengan sedikit rasa manis dari daging udang, membuat Cakue Peneleh nggak cukup dimakan hanya satu buah. Awas ngiler ya, karena selain berjualan cakue, Cakue Peneleh juga menjual berbagai kue-kue basah.

 

Lontong Mie Ny. Marlia

 

©Openrice

 

Mie memang nggak pernah salah. Lontong Mie Ny. Marila, contohnya. Campuran potongan lontong, mie telur, tauge dan tahu, disiram kuah petis nan manis. Terakhir, taburan udang rebon garing dan bawang goreng membuatnya makin sedap.

 

Kalau masih kurang, tambahkan saja aneka sate kerang, satu telur puyuh dan gorengan lentho yang gurih. Dengan rasanya yang tiada dua ini, tak salah jika kedai yang terletak di lantai 4 Pasar Atom ini selalu ramai pembeli.

 

Bakwan Kapasari

 

©Jenita Darmento

 

Seporsi bakwan lengkap dengan kuah dan kondimennya, hmmm, yummy dimakan saat apapun. Walau udara Surabaya sangat panas, makan bakwan Kapasari, siapa yang menolak? Yup, bakwan Kapasari merupakan salah satu kuliner yang ramai jadi incaran pengunjung.

 

Rasa kuah baksonya segar, sedikit manis karena terbuat dari kaldu daging babi. Dengan pelengkap daun bawang yang membuat rasanya jadi berkarakter. Daging baksonya sendiri gurih karena full daging. Cobain juga bakso gorengnya yang terbuat dari usus yang diisi daging lalu digoreng. Nggak bakal pernah bosan deh makan di sini. Tapi ingat, bakwan Kapasari ini non halal ya.

 

Bubur Madura

 

©andikaawan.blogspot.com

 

Pengen makan tapi nggak pengen kekenyangan? Datang kepagian belum sarapan? Bubur Madura adalah jawaban tepat. Beranjaklah ke sebelah Timur Pasar Atom dan kamu akan menemukan jajaran pedagang-pedagang bubur Madura yang menjajakan berbagai jenis bubur beserta gula merah cair.

 

Mau campuran bubur dan jajan pasar apa saja, ada di lorong yang memang ditujukan untuk berjualan bubur Madura ini. Makin nikmat karena bubur Madura ini disajikan di pincuk daun  pisang.

 

Itu dia deretan kuliner menggiurkan yang bisa kamu cicipi saat berjalan-jalan ke Pasar Atom. Gimana, #MasakGakMau jelajah kuliner di Surabaya? Yuk, kami tunggu ceritamu ya!