ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Biasanya seseorang akan cenderung mengenakan pakaian dengan warna favoritnya. Namun, warna favorit tidak hanya menggambarkan tentang siapa dirimu. Jangan sampai salah pilih, berikut psikologi warna baju untuk menunjang kariermu!


Kenakan warna biru agar terlihat dapat dipercaya


media1.popsugar-assets.com

Jika kamu memiliki banyak baju berwarna biru, kamu patut berbangga diri. Pakailah pakaian dengan warna biru saat datang ke kantor. Secara psikologis, warna baru dapat membuatmu terlihat sebagai orang yang dapat dipercaya. Apalagi bila kamu bekerja di bidang penjualan. Kamu bisa menawarkan pada klien potensial dengan strategi soft selling sambil mengenakan baju berwarna biru.


Pakai baju warna merah biar makin percaya diri


compote.slate.com

Menggunakan warna merah di kantor dapat membuat penampilanmu terlihat mencolok. Jika kamu memilih warna merah sebagai baju kerja, kamu memang dapat terlihat sebagai orang yang intimidatif. Namun, warna merah bisa membentuk persepsi bahwa kamu adalah orang yang percaya diri, punya komitmen, semangat dan sukses. Warna merah juga dapat menarik perhatian, membangkitkan semangat, dan mempertahankan fokus.

Meskipun warna merah bisa membuatmu terlihat percaya diri, jangan kenakan warna ini saat rapat bersama bos atau interview kerja, ya! Kamu akan terlihat arogan, pemberontak, dan tidak bisa berbaur dengan yang lain.


Merah muda untuk menjadi pusat perhatian


media1.popsugar-assets.com

Warna merah muda selalu dikaitkan dengan perempuan dan feminin. Tapi, jika kamu seorang pria yang ingin terlihat tegas dan berani, kamu bisa mengenakan warna merah muda. Coba perhatikan presiden-presiden Amerika, seperti Donald Trump dan Bill Clinton yang sering menggunakan dasi merah muda.

Merah muda adalah warna yang membuatmu terlihat meyakinkan dan penuh semangat. Begitu kamu mengenakan warna merah muda, seluruh perhatian akan fokus padamu. Pakaian merah muda cocok dikenakan saat akan presentasi atau menarik audiens.


Ungu untuk mengontrol orang lain


i2-prod.mirror.co.uk]

Sebagai seorang bos, kamu harus mempertimbangkan untuk mengoleksi pakaian dengan warna ungu. Saat mengenakan baju berwarna ungu, kamu menampilkan impresi kuat pada orang lain. Kamu bisa mengenakannya saat berbicara di depan umum. Orang-orang akan langsung segan dan fokus pada kehadiranmu.

Warna ungu juga bisa dikenakan saat berhadapan dengan lawan jenis. Kamu akan mendapati dirimu lebih percaya diri dan mendapat perhatian penuh dari gebetanmu, nih!


Kuning menggambarkan semangat dan optimisme


gotceleb.com

Kamu tidak ingin terlihat sebagai orang yang pemurung? Kenakan warna kuning! Namun, pakaian dengan warna kuning lebih cocok dipakai bagi kamu yang bekerja di lingkungan kerja yang santai. Kamu akan terlihat sebagai orang yang baik dan optimis meskipun sedang berpose serius.

Tapi sebaiknya pakaian berwarna kuning tidak digunakan untuk menemui klien dan wawancara kerja. Pakaian berwarna kuning juga cocok dikenakan bagi pekerjaanmu yang membutuhkan perhatian audiens. Saat kamu mengenakan baju berwarna kuning, audiens akan mudah fokus kepadamu.


Hitam memberikan kesan dominan dan mengintimidasi


hips.hearstapps.com

 

Hitam merupakan warna yang paling populer untuk dikenakan sehari-hari. Namun, sebaiknya kamu tidak mengenakannya saat sedang bekerja di kantor. Alasannya, warna hitam dapat membuatmu terlihat dominan dan mengintimidasi. Warna hitam lebih baik digunakan oleh bos dan leader sehingga anggotanya menjadi segan. Bila kamu masih berada di posisi junior, sebaiknya kamu memilih warna lain yang lebih soft untuk membangun hubungan yang baik!

Setelah membaca berbagai psikologi warna baju di atas, jangan lagi gegabah dalam memilih pakaian untuk ngantor, ya! Meskipun agak ribet, namun pemilihan warna baju adalah salah satu komponen penting untuk menunjang kariermu, lho!