ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Peristiwa heroik ini selalu dirayakan secara besar-besaran. Mulai dari upacara di istana negara hingga sub unit paling kecil pemerintahan. Masyarakat dan institusi pendidikan pun turut merayakan Hari Pahlawan Nasional. Apa saja nih persiapan yang sudah kamu lakukan untuk merayakan 10 November nanti. Salah satu hal yang nggak boleh kamu lupakan adalah dengan berpakaian ala pahlawan. Cek inspirasinya berikut ini, yuk!

1.      Mengenakan pakaian loreng tentara



suarapalu.com

Jenis pakaian satu ini sering banget ditemukan saat perayaan hari pahlawan. Pakaian tentara nggak harus kamu gunakan dari atas sampai bawah. Untuk memperingati hari pahlawan, kamu bisa menggunakan item tertentu saja. Saat ini, sudah banyak merek fashion yang menyediakan model pakaian dengan corak tentara. Kamu bisa menemukan atasan hingga bawahan model terbaru yang nggak ketinggalan zaman. Merayakan hari pahlawan nggak perlu merusak style fashion kamu, kan?

2.     


Pakai baju ala veteran


publiksatu.com

Rekomendasi pakaian satu ini cocok bagi kamu yang berani tampil beda dari biasanya. Kostum satu ini bisa kamu temukan dengan mudah di tempat persewaan kostum. Dengan memakai baju ala veteran, kamu turut mengenang jasa-jasa mereka. Kostum ini akan semakin lengkap bila kamu membawa sepeda kebo. Pasalnya, saat zaman penjajahan dulu, sepeda adalah satu-satunya alat transportasi yang bisa dimiliki orang secara pribadi.


3.      Berpakaian serba putih ala perawat



dreamers.id

Pernah mengenakan pakaian ini saat merayakan hari pahlawan? Tentunya kamu nggak sendirian. Kebanyakan orang memilih untuk memakai baju ala perawat karena anti ribet. Kamu bisa menggunakan jas laboraturium agar terlihat seperti perawat betulan. Meskipun nggak ikut turun ke medan perang dengan bersenjata, perawat memiliki peran penting pada zaman perang. Kalau nggak ada mereka, para pejuang akan kesulitan mencari bantuan saat terluka. Itu sebabnya, nggak ada salahnya kok berdandan menjadi perawat saat hari pahlawan untuk menghargai jasa-jasa mereka.


4.      Kebaya modern ala Ibu Kartini



shopback.co.id

R.A Kartini adalah pejuang emansipasi wanita yang nggak akan pernah dilupakan namanya. Bahkan, tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Pada Hari Pahlawan tanggal 10 November nanti kamu bisa berdandan ala kartini, nih. Kartini terkenal dengan baju kebaya yang selalu dikenakannya. Jika ingin tampil dengan mempertahankan kesan kuno, kamu bisa mencoba gaya kebaya kutu baru. Namun, nggak ada yang salah bila kamu mengkombinasikan kebaya dengan gaya kamu yang kekinian. Kamu bisa mendesain sendiri kebaya favoritmu. Tetap tampil stylish sambil mengenang jasa pahlawan, nggak ada salahnya, bukan?


5.      Bergaya ala Christina Martha Tiahahu



review.bukalapak.com

Nggak cuma Pattimura, pahlawan Maluku yang banyak diketahui. Christina Martha Tiahahu merupakah pahlawan wanita Maluku yang ikut turun ke medan perang. Salah satu ciri khasnya adalah pengikat kepala Kamu cukup mencari kain dengan corak etnik yang bisa kamu gunakan sebagai ikat kepala. Untuk pakaiannya, kamu bisa mengenakan kemeja putih biasa yang dipadukan dengan celana kulot atau celana kain yang nyaman.

 

Bagaimana? Sudah siap merayakan Hari Pahlawan 10 November nanti? Kostum apa nih yang akan kamu siapkan?