ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Dua hal ini memiliki sejumlah persamaan: tak terlihat, mematikan, dan merusak tatanan kehidupan yang selama ini kita jalani. Ya, mereka adalah pandemi COVID-19 dan krisis iklim yang kian parah. Seluruh dunia kewalahan dibuatnya, namun mereka tak bergerak sendiri-sendiri. Keduanya saling berhubungan dan mempengaruhi lingkungan tempat kita hidup. Bagaimana pandemi COVID-19 telah mengubah bumi kita?


1. Berkurangnya polusi udara selama sementara waktu

Emisi atau gas buang yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor dan mesin produksi adalah salah satu pencemar udara yang dapat berdampak negatif pada kesehatan manusia dan lingkungan sekitar. 

Namun, jangan lega dulu! Tingkat emisi juga diperkirakan akan langsung meningkat saat keseharian masyarakat mulai kembali normal. 


2. Kota menjadi lebih sunyi

Seberapa sering kamu mendengar siulan burung di jalanan kota besar yang ramai? Dengan berkurangnya aktivitas manusia, polusi suara dari lalu lintas, pertunjukan musik, hingga suara pesawat lewat menjadi semakin jarang ditemui. 


3.Munculnya hewan-hewan liar

Hewan-hewan liar yang pada umumnya cenderung menjauhi manusia mulai menampakkan diri. Di Thailand, pantai-pantai yang biasanya penuh dengan turis kini menjadi tempat bertelur penyu belimbing, reptil langka yang dilindungi. ]

Dunia yang kita kenal beberapa bulan lalu telah berubah, dan bukan tak mungkin akan terus berubah. 

Dengan ikut menjaga bumi hari ini, kamu telah membantu menciptakan masa depan yang lebih baik bagi generasi mendatang. 

 *Syarat & ketentuan berlaku


Sumber :


[1] https://www.carbonbrief.org/analysis-coronavirus-set-to-cause-largest-ever-annual-fall-in-co2-emissions

[2] https://www.wired.com/story/coronavirus-emissions/


[3] https://www.theatlantic.com/science/archive/2020/04/coronavirus-pandemic-earth-pollution-noise/609316/


[4] https://www.theguardian.com/environment/2020/apr/20/coronavirus-lockdown-boosts-numbers-of-thailands-rare-sea-turtles


[5] https://twitter.com/CBSNews/status/1252311105512275970