ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Kegemaranmu mencicipi makan dapat mendatangkan pundi-pundi rupiah dan bisa dijadikan profesi. Masih bingung dan nggak percaya ada pekerjaan seenak itu? Ini profesi yang cocok untuk kamu yang hobi makan!


Presenter acara kuliner


thepeakmagazine.com.sg

Saat mendengar acara kuliner, pasti terbayang wajah pak Bondan yang gemar icip-icip makanan. Pak Bondan menjalani karir menjadi presenter acara kuliner selama belasan tahun dan bisa berkeliling ke berbagai tempat di dunia. Vivit Kavi, presenter acara demen makan di Transtv yang memiliki rating tinggi, juga sudah mengikuti jejak pak Bondan untuk mencoba rasa makanan di berbagai tempat di Nusantara.

Dengan menjadi presenter acara kuliner, kamu bisa makan berbagai jenis makanan dari seluruh dunia tanpa membayar. Bahkan, perjalananmu untuk jalan-jalan juga dibiayai, lho! Selain itu, kamu juga akan mendapat exposure sebagai presenter acara kuliner. Kamu tidak hanya bisa tampil di televisi swasta, beberapa televisi lokal pun membutuhkan presenter acara kuliner, kok!


Foodstagram


static1.squarespace.com

Instagram menjadi salah satu platform yang sedang booming dan digandrungi banyak kalangan, khususnya milenial dan gen z. Akun-akun rekomendasi kuliner pun mulai bermunculan. Biasanya akun-akun tersebut dikelola pribadi oleh seseorang yang gemar makan. Target audiens yang dituju bisa lebih spesifik sesuai dengan daerah foodstagram. Misalnya, foodstagram asal Surabaya membuat akun kuliner yang fokus menjelajahi wisata kuliner di Surabaya.

Menjadi foodstagram memberikan banyak exposure karena instagram adalah media sosial yang sedang populer. Kamu bisa mendadak menjadi selebriti di instagram. Iklan dan tawaran untuk endorse pun akan berdatangan. Menjadi foodstagram bisa kamu handle dari rumah sehingga bukan pekerjaan yang terikat kontrak.


Foodgrapher


zerocutfilms.com

Salah satu bentuk still life foto yang sedang populer adalah foto makanan. Ternyata, ada pekerjaan khusus untuk fotografer makanan, lho! Tugasnya adalah menghasilkan foto-foto makanan yang eyecatching. Mereka lebih dikenal sebagai foodgrapher. Biasanya, kafe dan restoran kerap menyewa jasa foodgrapher untuk keperluan konten branding di media sosial atau iklan.

Biasanya setelah memotret berbagai makanan, kamu bisa mencicipi makanan secara gratis, lho! Lumayan kan bisa mencoba makanan di berbagai kafe dan restoran tanpa bayar dan malah mendapat uang?


Food vlogger


i.ytimg.com

Apakah kamu hobi makan dan suka tampil di depan kamera? Sebuah kesempatan bagus bagimu untuk mencoba profesi sebagai food vlogger. Food vlogger adalah vlogger yang berkutat dengan makanan. Kamu bisa membuat konten mukbang atau review restoran dan kafe favorit.

Hampir mirip dengan instagram, kamu bisa mendapatkan uang lewat paid promote dan endorse. Bedanya, bila kamu memilih untuk menjadi food vlogger di youtube, kamu bisa mendapatkan uang juga dari ad sense.


Chef


bloximages.chicago2.vip.townnews.com

Biasanya orang yang hobi makan, jago juga membuat masakan sendiri. Bila kamu sudah sering masak sendiri dan orang-orang memuji rasa masakanmu, menjadi chef bisa jadi pilihan, nih! Kalau masih ragu dengan kualitas masakanmu, kamu bisa belajar dari youtube atau mengikuti akademi memasak.

Saat bekerja sebagai chef, kamu bisa membuat berbagai menu masakan. Kamu juga diwajibkan untuk mencicipi rasa masakan. Bisa kenyang dan senang dalam satu waktu sekaligus, kenapa tidak?

Nah, itu tadi beberapa profesi yang cocok untuk para pecinta makanan. Dari kelima profesi di atas, profesi apa yang akan kamu pilih?