ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Sebenarnya, olahragatidak selalu harus ke gym dan memilihtipe olahraga yang berat dan sampai bersimbah keringat. Yang perlu dipahami,setidaknya untuk orang-orang yang sangat sibuk kerja, bisa menggunakanalternatif olahraga minim alat sehingga bisa dilakukan di rumah meskipun tanpa personal trainer. Meskipun terkesansederhana, tapi beberapa jenis olahraga minim alat ini bisa menjadi alternatifgerak tubuh yang relatif ringan untuk memenuhi kebutuhan olahraga bagi para workaholic.

 

 

photos.demandstudios.com

 

1. Sit updan push up

Baik sit up maupun push up adalah rekomendasi olahraga tanpa alat yang relatif simple dan ringan. Kamu bisamelakukannya di rumah dan hal yang harus disediakan mungkin hanya alas tikaratau karpet untuk melapisi lantai sehingga tubuh tidak kedinginan. Gerakan inijuga relatif sederhana, meskipun pada praktiknya mungkin tak mudah.

Apa manfaatkeduanya? Sit up yang banyak dipahamisebagai olah raga untuk membentuk dan memperkuat otot perut punya manfaat lainyang tidak kalah baiknya, seperti: melatih diri untuk menjaga keseimbangantubuh, menjaga kestabilan gerakan tubuh, menjaga kekuatan otot inti,meningkatkan fleksibilitas di area punggung dan pinggul, dan lain-lain.Sementara itu, push up yang berfokuspada penguatan otot lengan juga punya manfaat terhadap bagian tubuh lain,seperti meningkatkan postur tubuh, mencegah osteoporosis, dan mencegah cederabahu serta punggung bawah.

 

 

i.ytimg.com

 

2. Plank

Rekomendasikedua adalah olahraga plank. Olahragaini sama simple-nya dengan sit up dan push up serta tidak membutuhkan banyak alat pendukung. Denganmenumpukan diri pada tangan serta ujung kaki, plank yang terlihat sebagai gerakan sederhana ini sebenarnya tidakmudah juga, apalagi untuk orang yang jarang berolahraga dan membiasakan diridengan gerakan ini. Olahraga plankmeskipun terlihat hanya diam dan menahan tubuh dengan tumpuan yang minimtersebut ternyata punya manfaat yang besar, seperti membantu menghilangkanlemak di perut, memperkuat otot punggung, membuat tubuh jadi seimbang, sampaimampu memperbaiki postur tubuh (terutama tulang belakang).

 

i.ytimg.com

 

3. Squat

Squat adalahgerakan olahraga yang memadukan jongkok dengan berdiri namun dalam tempo yangrelatif cepat. Dalam kondisi normal, berdiri dari posisi awal jongkok sajasudah melelahkan dan menjengkelkan. Akan tetapi, gerakan sederhana ini dapatmenjadi alternatif olahraga yang bisa dilakukan pada pekerja yang sibuk karenatidak merepotkan dari segi ruang maupun peralatan. Hal yang paling pentingadalah teknik yang dilakukan tepat.

Sejauh mana squat bisa menjadi olahraga yangberpengaruh pada kesehatan tubuh seseorang? Meskipun sederhana, gerakannolahraga ini punya manfaat mulai dari mengecilkan perut, meningkatkan sirkulasidarah ke seluruh tubuh untuk mengantarkan oksigen, mengurangi dan meminimalkanselulit, memperkuat otot lutut, dan membentuk tubuh bagian bawah.

 

 

sfidnfits.com

 

4. Vertical running

Daripada bosandengan rutinitas naik tangga, jadikan hal tersebut sebagai alternatifberolahraga. Berlarilah sembari menaiki tangga secara cepat, itulah vertical running. Meskipun hanya berlari, medannya yang vertikalmenaikkan level kesulitan olahraga minim alat ini. Olahraga sederhana inidiketahui punya manfaat yang lebih baik dalam membakar kalori dibandingkan jogging atau berlari pada medanhorizontal seperti pada umumnya. Hal ini dikarenakan ketika berlari secaravertikal, bagian-bagian tubuh yang dilatih bukan hanya kaki tetapi juga perut,sehingga baik otot perut, paha, maupun otot betis menjadi bekerja lebih keras.Namun, jika ingin serius melakukan olah raga ini, ada baiknya melakukanpersiapan dengan berlatih lari horizontal lebih dahulu. Vertical running membutuhkan kesiapan otot dan sendi lutut yangbaik sehingga meminimalisir terjadinya cedera terutama di area lutut danpergelangan kaki.

 


emsoutdoors.com

 

5. Gerakan mountainclimber

Belum inginolahraga di luar rumah? Coba dengan alternatif gerakan mountain climber sebagai olahraga simple dan relatif ringan bagi orang-orang yang sibuk bekerja.Hampir sama seperti jenis olahraga lainnya, gerakan ini tak mengharuskan kitamenyediakan ruangan luas maupun peralatan yang banyak. Cukup dengan tikarsebagai alas, kita bisa langsung mempraktikan gerakan mountain climber.

Gerakan mountain climber ini memposisikan tubuhkita seperti saat push up, namun kakikita bergerak seolah-olah kita sedang menanjak dan dilakukan secara cepat.Untuk pemula, biasanya gerakan ini tidak akan dibuat variasi dan hanya fokuspada gerakan yang cepat dan tepat untuk membakar lemak dan memperkuat otot.Olahraga ringan ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama seperti ketikalatihan di gym, sehingga cocok untukdijadikan alternatif olahraga para pekerja yang sibuk.

 

 

i.ytimg.com

 

6. Dancing

Alternatifolahraga selanjutnya yang relatif menyenangkan adalah menari. Eits! Bukan sembarang menari ya.Olahraga dengan menari yang dimaksudkan disini lebih ditujukan pada aerobikmaupun mengikuti gerakan koreografi. Kamu bisa memanfaatkan video yang banyakdiunggah dalam situs YouTube tentang tarian aerobik maupun koreografi. Ditambahsekarang ini sudah banyak para pemandu gerakan yang membuat video tutorial yangdiunggah di kanal masing-masing.

 

Kenapa musti aerobik atau koreografi? Gerakan aerobik memiliki tempo yang cepat sedangkan koreografimenuntut kelincahan gerakan tubuh. Sebetulnya hal ini punya maksud untuk menggerakantubuh secara cepat, sehingga melatih otot kita dan membuat kita berkeringat -sebuah proses ekskresi yang penting pada tubuh kita untuk membuang "limbahkotoran".

 

Meski sudahsibuk dengan jadwal pekerjaan yang padat, jangan lupa untuk menjaga dirisendiri dengan berolahraga ya. Selain itu, pola makan dan pengaturan stres jugabisa mendukung supaya tubuh kita tetap prima. Supaya lebih bersemangat, kamubisa mengajak teman atau pasangan untuk berkomitmen melakukan olahraga ringanminim alat seperti yang disebutkan tadi. Biasanya, olahraga yang dilakukanbersama-sama cenderung membuat tujuan olahraga itu tercapai. Nah, sudah tertarik untuk mulai hidupsehat dengan olahraga ringan ini?