ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Hotel di Tromso

©FWD

Perjalanan menuju North Pole tentunya panjang banget dan memakan waktu berhari-hari. Setelah melalui beberapa transit, akhirnya Fedi dan para runner lainnya tiba juga di Tromso, Norwegia. Menginap di Clarion Hotel The Edge, hotel tersebut berada persis di depan laut yang memberikan pemandangan perbukitan es menjulang yang sangat indah.

Norseman


©FWD

Tromso hanya tempat transit sementara, perjalanan selanjutnya yang dilakukan Fedi dan runner lainnya menuju Longyearbyen, Svalbard salah satu kota kecil yang masuk kawasan Arktik. Karena berada di kawasan North Pole, pemandangan di sekitarnya nggak lepas dari es yang ada di mana-mana.  

Permafrost Cemetery


©FWD

Selama berada di Longyearbyen, Fedi nggak menyia-nyiakan kesempatan ini dengan hanya berdiam diri di hotel saja. Pria berjuluk IRONMAN ini memanfaatkan waktu untuk melatih fisik sambil menjelajah kawasan tersebut. Salah satu spot unik yang ditemui di sana adalah sebuah cemetery atau pemakaman. Lokasi ini sudah ada sejak Perang Dunia II.

Pemakaman tersebut juga satu-satunya yang ada di wilayah Longyearbyen, karena tanah di sana tergolong permafrost, yaitu tanah yang sudah beku sejak zaman es berlangsung. Jadi, sangat nggak disarankan untuk menguburkan orang di sana.

EISCAT Radar


©FWD

Fedi juga sempat mengabadikan momen saat berada di EICSAT Radar, yaitu sebuah radar yang digunakan penelitian oleh EICSAT, yaitu organisasi yang dibiayai oleh 7 negara. Radar ini sendiri dilatarbelakangi oleh hamparan pegunungan es dan langit biru yang begitu menakjubkan.

Global Seed Vault


©FWD

Spot lain yang sempat dikunjungi oleh Fedi adalah Svalbard Global Seed Vault, yang menjadi tempat penyimpanan bibit pangan yang ada di seluruh dunia. Tujuan disimpannya benih makanan di sini adalah untuk mengantisipasi jika terjadi bencana alam atau peperangan yang menghancurkan lahan pertanian.

Svalbard Museum


©FWD

Destinasi selanjutnya yang dikunjungi oleh Fedi adalah Svalbard Museum yang merupakan museum bertema alam dan budaya di Longyearbyen. Museum ini berisi sejarah Svalbard dari awal ketika dieksplorasi oleh para peneliti.

Itu tadi beberapa spot keren yang dijumpai selama gelaran FWD North Pole Marathon 2018 berlangsung. Mau coba traveling yang #BeraniBeda dengan mengunjungi beberapa spot di atas?