ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Seiring dengan perkembangan IT dan tren yang muncul di masyarakat, kuliner Indonesia semakin dikenal dunia karena ada banyak sekali food vlogger yang mencicipi sekaligus mempromosikan kuliner asli Indonesia. Didukung dengan format video yang mengizinkan visual berbicara tentang nikmatnya kuliner negeri kita. Tidak percaya? Coba banyak nonton banyak video dari food vlogger yang punya channel di YouTube. Bahkan, beberapa food vlogger internasional ini mengakui suka dengan kuliner asli Indonesia. Siapa saja mereka?

 

 

cdn.pastemagazine.com

 

Mark Wiens

Nama pertama yang muncul sebagai food vlogger asing yang cinta dengan kuliner Indonesia jelas Mark Wiens. Siapa sih dia? Mark Wiens adalah seorang laki-laki yang menjatuhkan pilihan hidupnya untuk menjadi seorang food traveler, mirip sebagai seorang pelancong namun dengan tujuan utama untuk mencicipi kuliner dari seluruh dunia. Nggak hanya mencicipi, biasanya Mark juga akan memberikan review yang bisa menjadi referensi bagi orang-orang yang mengikuti blog-nya maupun konten video dalam channel YouTube-nya. Melancongnya Mark ke hampir seluruh belahan bumi akhirnya membawa dia bertemu dengan perempuan yang menjadi istrinya kini di Thailand.

Indonesia adalah negara yang pernah dikunjungi juga oleh Mark Wiens dalam rangka kulineran. Yang lebih membanggakan, Mark pernah mengakui kalau dirinya sangat menyukai kuliner asli Indonesia yang didominasi oleh rempah dan rasa pedas yang khas. Untuk episode negara Indonesia, Mark membuat beberapa episode yang mempertunjukkan dirinya menikmati hidangan asli negara kita dari beberapa daerah. Beberapa menu makanan yang diklaim menjadi pilihan favoritnya antara lain Ayam Taliwang, Rendang, Ikan Bakar, Sate Kambing, Soto Betawi, Coto Makassar, Sop Konro, Rica-rica, Jengkol Pedas, dan Ayam Betutu.

 


awsimages.detik.net.id

 

Hari Jisun

Namanya memang sempat trending karena suatu hal yang menyangkut salah satu presenter kondang Indonesia. Terlepas dari hal tersebut, Hari Jisun, adalah seorang perempuan yang cinta mati dengan kuliner Indonesia. Perempuan asal Korea Selatan itu awalnya datang ke Indonesia untuk tujuan pekerjaan. Sembari melakukan aktivitas utamanya, ia membuat akun YouTube dan konten video yang kini didominasi oleh kuliner. Mencoba kuliner baru yang jelas tidak ada di Korea, Jisun mengungkapkan ekspresi bahagianya ketika mencicipi kuliner asli Indonesia, baik itu makanan berat maupun ringan, makanan harian maupun makanan daerah, semuanya dicicipi dan hampir selalu dinilai baik atau nagih.

Penerimaan Jisun terhadap berbagai jenis makanan Indonesia yang luar biasa membuat viewers-nya semakin menaruh rasa bangga terhadap warisan kuliner Indonesia sekaligus nge-fans dengan vlogger yang punya jargon 'Pyororong' ini. Jisun juga tidak terlalu jaim alias jaga image dalam menikmati makanan. Ketika ia menyukainya, ia tidak akan malu untuk memesan lagi dan memuaskan hasrat kecintaannya dalam menyantap makanan orang Indonesia. Bahkan, ia bisa dibilang telah mencicipi lebih banyak jenis makanan asli Indonesia dibandingkan orang Indonesia sendiri.

 

 

magzinepost.com

 

Trevor James (The Food Ranger)

Food vlogger selanjutnya yang diketahui jatuh cinta dengan kuliner Indonesia adalah Trevor James. Ia mengunjungi Indonesia dan bukan hanya berkeliling Pulau Jawa saja, tetapi juga menyambangi Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sulawesi. Selain berlibur, tujuan lainnya tentu tak lepas dari icip-icip kuliner khas dari setiap daerah.

Konten Trevor James bisa dilihat dari channel YouTube-nya yang bernama The Food Ranger. Sedangkan summary dan informasi yang berhubungan juga diunggah dalam situsnya. Paling banyak, Trevor James kuliner di daerah Jakarta dan Yogyakarta. Apa saja yang sudah dia cicipi? Oh, banyak sekali. Mulai dari makanan harian yang dijual di warteg sampai aneka makanan Padang yang menjadi favoritnya. Hmm emang udah nggak diragukan lagi sih kalau itu.

 

 

newmediarockstars.com

 

Fung Brother (Fung Bros Food)

Vlogger lainnya yang juga terkenal suka hobi kulineran dan menjadikan kuliner Indonesia sebagai salah satu kuliner favorit mereka adalah Fung Brothers. Sesuai namanya, vlogger ini bersaudara. Andrew Fung dan David Fung sejatinya adalah komedian berdarah Cina-Amerika yang lahir dan bertumbuh di Amerika. Dengan mengalirnya darah Asia dalam tubuh mereka, nggak heran kalau dua bersaudara ini suka menyantap makanan khas Asia. Inilah yang menjadi konten dalam channel YouTube Fung Bros Food. Paling sering mereka akan mencicipi dan me-review makanan khas Asia, tak terkecuali Indonesia.  Dalam videonya yang berjudul 'INDONESIAN FOOD - AMAZING' mereka mencicipi makanan khas Kalimantan dan menyebutkan bahwa menu es kopi ala Indonesia adalah menu favorit mereka. Meskipun bukan makanan, toh ini tetap membuktikan kalau kuliner Indonesia ternyata memiliki tempat tersendiri di hati para vlogger asing ini.

 

Buat penulis sendiri, ada rasa kebanggaan tersendiri ketika apa yang kita miliki ternyata dihargai orang lain. Termasuk ketika mengetahui para food vlogger ini memiliki kecintaan terhadap kuliner asli Indonesia dengan karakteristik dan keunikannya. Sebenarnya secara tidak langsung, para food vlogger ini membuktikan bahwa Indonesia sebenarnya negara yang kaya dan berharga, bahkan dilihat dari aspek kuliner. Harapannya sih, semoga yang seperti ini bisa menyadarkan kita untuk nggak terlalu sering berpaling pada makanan barat yang trennya menginvasi. Selain supaya menambah kecintaan terhadap warisan negeri sendiri juga untuk turut melestarikannya.