ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Ternyata masih banyak lho di antara kita yang kurang menghargai rupiah. Padahal menghargai rupiah sama artinya dengan bukti kalau kamu mencintai Indonesia. Menjelang datangnya hari uang, berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk mencintai rupiah!

1.       Jangan sembarangan meletakkan uang koin kembalian

 

beritagar

 

Berapa banyak uang koin yang kamu miliki? Jangan-jangan, tanpa disadari, kamu punya uang koin di saku baju, sudut meja, hingga dashboard mobil. Uang koin seringkali diremehkan oleh masyarakat Indonesia dan dianggap tidak memiliki arti. Padahal, uang koin juga merupakan salah satu bentuk rupiah. Kamu bisa menunjukkan kecintaan terhadap rupiah dengan menyimpan uang koin yang kamu miliki.

 

Tahu nggak sih? Ternyata, selama periode 1994-2014, Bank Indonesia menyebarkan uang logam sekitar Rp7,12 triliun, tetapi uang yang diterima kembali hanya sejumlah 26,7% yang dikeluarkan, dengan total Rp1,83 triliun. Hal ini disebabkan karena masyarakat Indonesia meletakkan uang koin kembalian dengan sembarangan. Lain kali, simpan baik-baik ya uang logam yang kamu miliki! Kalau ditabung, nominal uang logam bisa membuat kamu kaya mendadak, lho!

 

2.       Ambil uang logam yang ada di jalan

 

popmama

Saking nggak pedulinya dengan uang logam, seringkali banyak lho yang berceceran di jalanan. Bahkan, kadang-kadang uang logam jatuh ke dalam selokan, hingga diinjak-injak sampai gepeng. Hal ini tidak mencerminkan rasa cinta kepada rupiah. Kalau sedang berada di jalan, kamu bisa memungut uang rupiah, ya! Tunjukkan kalau kamu siap menyelamatkan rupiah yang tercecer di jalanan! Berhenti stapler uang.

 

3.       Gunakan dompet agar uang rupiah tidak terlipat

 

silent-pocket

 

Siapa yang malas menggunakan dompet, dan lebih memilih meletakkan uang di saku? Perilakumu ini bisa dianggap tidak menghargai rupiah, lho! Uang rupiah yang dilipat bisa membuatnya rusak dan nggak licin lagi. Nggak heran, uang rupiah kertas sering ditemukan lusuh, hingga robek. Seharusnya uang rupiah yang sudah robek, tidak boleh digunakan untuk transaksi, lho! Namun, kamu masih bisa menukarkannya ke bank dengan uang baru. Lebih baik kamu menjaga uang rupiah dengan meletakkannya pada dompet, kan?

 

 

4.       Tolak transaksi mata uang dollar di dalam negeri

 

shutterstock

 

Masih banyak transaksi yang dilakukan di Indonesia menggunakan dollar. Penyebabnya, dollar yang ditukar rupiah dianggap tidak praktis karena jumlahnya lebih besar. Namun, perilaku ini mencerminkan kalau kamu tidak menghargai uang rupiah. Meskipun memiliki mata uang dollar, jangan mau jika diajak bertransaksi dengan dollar di dalam negeri, ya!

 

5.       Menukar uang edisi lama dengan yang baru


karebatoraja

 

Desain uang sering diganti selama beberapa tahun sekali. Namun, seringkali orang-orang malas menukarkan uang lama mereka. Banyak yang memilih untuk tetap menggunakan uang lama, atau hanya menyimpannya saja saat tidak berlaku. Sebaiknya, kamu mengenali uang rupiah baru dan tidak segan untuk menukarkan uang edisi lama dengan yang baru! Dengan menggunakan uang desain baru, kamu mendukung upaya pemerintah untuk memperbarui mata uang yang beredar. Perilaku ini bisa mencerminkan kecintaanmu terhadap rupiah, lho!

 

Kalau kamu, paling sering melakukan upaya yang mana untuk menunjukkan rasa cinta terhadap rupiah?