ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tahun ini, apa saja sih pencapaian yang sudah kamu raih dalam hal keuangan? Apa hal yang kamu sesali tentang keuangan di tahun ini? Berikut ini adalah hal-hal tentang keuangan yang perlu direnungkan di akhir tahun!


1.      Pengeluaran yang masih lebih besar dari pemasukan


time.com

Apakah kamu sudah memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran keuangan? Sekarang saatnya kamu membuka catatan tersebut! Coba deh, bandingkan pemasukan yang kamu terima dengan pengeluaran yang kamu lakukan. Apakah hasilnya sudah seimbang atau masih lebih besar pengeluaran daripada pemasukan?

 

Jika pengeluaranmu masih membengkak daripada pemasukan yang kamu terima, kamu perlu mempertimbangkan untuk merubah banyak hal di tahun depan. Selidikilah kemana uangmu keluar selama tahun ini. Apakah uangmu lebih banyak dihabiskan untuk makan atau belanja? Nah, tahun depan, saatnya kamu menekan pengeluaran pada aspek-aspek ini agar akhir bulan kamu memiliki pemasukan sisa yang bisa digunakan untuk menabung.

 

Jika tahun ini kamu masih belum memiliki catatan pemasukan dan pengeluaran, kamu harus mulai membuatnya di tahun depan. Meskipun terdengar mengerikan, namun catatan ini dapat berfungsi seperti rapor yang dapat dijadikan acuan sebagai pedoman mengatur keuangan.


2.      Hutang yang nggak kunjung dilunasi


thesouthafrican.com

Berapa banyak lagi sih nominal hutang yang harus kamu lunasi? Kamu bisa lho melunasi hutangmu lebih awal dengan mengalokasikan pendapatan sisa untuk membayar hutang lebih banyak. Jika hutangmu nggak kunjung lunas, masih sering menunggak, atau justru bertambah, saatnya kamu merenungkan hal ini! Memiliki banyak hutang nggak baik untuk kondisi finansialmu ke depannya lho! Pikirkan bagaimana caranya tahun depan kamu bisa melunasi hutang dan nggak tergoda untuk berhutang lagi.


3.      Bagaimana perasaanmu ketika membeli barang-barang yang kamu miliki saat ini?


scind.org

Kesehatan keuangan nggak hanya diukur dari seberapa banyak nominal yang kamu miliki. Kamu juga harus merasa sehat secara mental, nih. Nah, akhir tahun adalah saat yang tepat bagimu untuk memikirkan bagaimana sih perasaanmu ketika membeli barang-barang yang kamu miliki sekarang? Jika kamu nggak merasa bahagia, maka pasti ada yang salah. Jangan-jangan kamu sibuk membeli barang-barang yang sebenarnya nggak kamu inginkan. Tahun depan, coba deh pikirkan hal-hal yang memang benar kamu inginkan. Kamu sudah lelah bekerja keras dan menyimpan uang, bukan? Jangan sampai ketika mengeluarkan uang, kamu justru nggak mendapat kebahagiaan.


4.      Cek nominal pada rekening buku tabungan


bankrate.com

Meskipun nominal uang nggak selalu menunjukkan jika keuanganmu sehat, namun ini tetaplah salah satu tolak ukur keuanganmu bisa dikatakan dalam tahap yang baik. Coba deh kamu cek berapa banyak nominal yang sudah kamu kumpulkan di rekening yang kamu gunakan khusus untuk menabung. Bukan berapa banyak nominal yang harus kamu pikirkan. Tetapi apakah nominal tersebut sudah sesuai dengan target yang kamu tuju? Contohnya nih, jika ingin melangsungkan pernikahan dalam dua tahun ke depan, berapa banyak lagi sih nominal yang kamu butuhkan? Nah, hal ini bisa kamu jadikan acuan berapa banyak nominal yang harus kamu kumpulkan di tahun depan.

 

Meskipun kamu harus merenungkan keuanganmu di akhir tahun, jangan terlalu keras ya dengan diri sendiri. Apa pun hasilnya, kamu sudah melakukan yang terbaik kok untuk menjaga keuanganmu selama setahun belakangan. Bagaimana? Sudah siap untuk melakukan evaluasi keuangan akhir tahun?