ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Tahu nggak sih jika tanggal 1 Desember kemarin diperingati sebagai Hari Aids Sedunia? Untuk memperingati salah satu penyakit mematikan yang sudah memakan banyak korban ini, sebaiknya kamu mempelajari hal-hal tentang AIDS. Berikut ini hal-hal penting yang perlu kamu ketahui tentang AIDS!

1.      HIV yang nggak diobati akan berkembang menjadi AIDS


beritagar.id

Apa sih bedanya antara HIV dan AIDS? HIV adalah virus berbahaya yang menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV dapat membunuh sel T CD4 yang merupakan sel kekebalan. Akhirnya, penderita HIV akan lebih rentan terkena infeksi dan kanker. Itu sebabnya penyakit ini memiliki resiko yang tinggi dan dapat mematikan.

 

Jika tidak diobati, virus HIV dapat berkembang menjadi AIDS yang lebih parah.


2.      AIDS nggak hanya bisa menular pada golongan LGBT


jurnalpena.co.id

 

Beredar rumor bahwa seseorang yang memiliki ketertarikan seksual pada lawan jenis lebih rentan terkena penyakit HIV. Padahal, HIV nggak memilih siapa korbannya lho! Siapa pun bisa terkena resiko HIV terlepas dari preferensi seksualitas yang dimilikinya. Meskipun kenyataannya seorang pria yang berhubungan seks dengan pria lebih sering terkena HIV, namun resiko ini juga terjadi pada orang-orang yang tertarik secara seksual pada lawan jenis. Itu sebabnya setiap berhubungan seksual harus menggunakan kondom untuk mencegah resiko tertular virus HIV.


3.      HIV seringkali nggak menimbulkan gejala berarti


medium.com

Ada beberapa orang yang merasakan gejala seperti flu dan pilek yang nggak kunjung sembuh. Namun nggak semua orang yang menderita HIV merasakan gejala ini. Bahkan, ada orang yang hidup selama puluhan tahun tanpa mengetahui bahwa ia terinfeksi virus HIV. Itu sebabnya, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan seseorang berusia 13-64 tahun untuk mendapatkan tes HIV, lho!

4.      Infeksi menular seksual (IMS) meningkatkan risiko penularan


auroramed.com

 

Seseorang dengan riwayat penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) akan lebih mudah terkena HIV. Penyakit yang tergolong IMS adalah kencing nanah, klamidia, sifilis, HPV atau herpes. Setiap jenis kerusakan pada kulit  atau mukosa meningkatkan resiko virus HIV untuk masuk. Jika tidak memiliki luka pun, IMS tetap meningkatkan jumlah sel yang ditargetkan virus HIV.

5.      HIV nggak hanya dapat menular lewat seks saja


wamu.org

Seks anal dan vaginal memang merupakan dua cara utama virus HIV dapat menular. Namun, nggak hanya seks saja lho penyebab virus HIV menular. Transmisi darah atau cairan tubuh dengan berbagi jarum suntik hingga seks oral juga berpotensi menularkan virus HIV. Namun, kamu nggak perlu takut berbagi sendok, tempat duduk toilet, dan berjabat tangan dengan penderita HIV. Hal-hal tersebut nggak menularkan virus HIV kok.

Meskipun belum ada data yang menunjukkan berapa banyak orang yang terinfeksi HIV lewat berbagi jarum untuk membuat tato, hal tersebut tetap patut kamu waspadai ya!

 

Itu tadi hal-hal tentang AIDS yang perlu kamu ketahui. Pahami penyakit ini untuk menurunkan resiko penularan pada diri sendiri dan orang lain!