ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Sumber Magnesium Alami


© Pexels

Salah satu mineral yang ditemukan dalam biji semangka adalah magnesium. Dalam 4 gram penyajian, ada 21 miligram magnesium yang membantu memenuhi kebutuhan harian. Menurut situs Health Line, FDA merekomendasikan 400 miligram per hari untuk orang dewasa untuk menjaga fungsi saraf dan otot, serta mempertahankan kesehatan jantung dan tulang, juga menunda penuaan dini.

Mengandung Lemak Sehat


© Stylecraze

Tidak semua lemak punya dampak yang buruk buat kesehatanmu. Lemak tak jenuh tunggal maupun ganda ampuh melindungimu dari serangan jantung dan stroke, serta menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Selama ini kamu mungkin mengenal sumber lemak sehat berasal dari minyak zaitun, kacang almond, hingga salmon yang harganya lumayan menguras kantung. Tapi kini, kamu bisa menggunakan biji semangka sebagai sumber alternatif lemak sehat.

Camilan Rendah Kalori


© Georgeezblog

Sudah mengurangi makan tapi berat badan terus merangkak naik? Bisa jadi kebiasaan mengudap bikin kamu susah mempertahankan berat badan ideal. Coba deh, ganti camilan tinggi kalori seperti keripik dengan biji semangka.

Biasanya biji semangka punya bobot sekitar 4gram sebanyak 56 biji dan hanya 22 kalori. Cocok banget untuk menahan rasa lapar ketimbang mengudap sekantong keripik kentang yang tinggi kalori.

Kaya Zat Besi


© Pexels

Mulai sering lelah, mengalami rambut rapuh, dan kulit kering, bisa jadi tubuhmu sedang kekurangan zat besi. Ternyata, biji semangka bisa kamu manfaatkan untuk membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian sebesar 18 miligram. Dalam satu cangkirnya saja, ada hampir 8 miligram yang dapat membantu memproduksi sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh tubuh, yang bikin tubuh terasa bebas dari lemah dan lesu.

Bikin Kulit dan Rambut Makin Cantik


© Pixabay

Bukan hanya baik buat kesehatan, magnesium dalam biji semangka bisa memperkuat rambut dan meningkatkan pertumbuhannya. Efeknya pada kulit pun tidak boleh diremehkan. Kandungan magnesium di dalamnya juga membantu mengurangi kerawat, kemerahan, dan keriput sehingga kulit tampak lebih cantik dan awet muda.

Untuk menunjang gaya hidup sehat, nggak ada salahnya #BeraniBeda dengan konsumsi biji semangka. Cukup dipanggang dalam oven hingga renyah, biji semangka siap dijadikan camilan atau topping salad yang lezat. Punya manfaat luar biasa, jangan langsung membuang biji semangka, ya!