ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Johannes Leimena

Konsep Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) merupakan buah pikiran Leimena. Tidak hanya itu, Leimena juga membentuk Balai Kesejahteraan Ibu dan Anak (BKIA) yang kemudian menjadi Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

Leimena adalah menteri dengan masa jabatan terlama, yaitu 21 tahun dengan 18 kabinet berbeda pada era Soekarno. Berasal dari Ambon, ia aktif dalam Jong Ambon dan Kongres Pemuda Indonesia. Ia menempuh pendidikan di STOVIA (Sekolah Dokter untuk Bumiputra), bekerja sebagai dokter selama 11 tahun, dan mempelajari penyakit dalam hingga akhirnya menjadi menteri kesehatan.

 

Maria Walanda Maramis

Emansipasi dan hak politik perempuan adalah hasil perjuangan Maria. Dari forum untuk berdiskusi tentang pendidikan anak, Maria kemudian mengembangkan organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Temurunnya (PIKAT) menjadi wadah untuk memajukan kaum perempuan Minahasa.

Konsep PIKAT ini berkembang pesat hingga memiliki cabang di Kalimantan dan Jawa. PIKAT mendirikan sekolah bagi anak-anak perempuan tanpa memungut bayaran. Maria bahkan berhasil memperjuangkan agar perempuan juga memiliki hak memberikan suara dalam pemilihan calon anggota dewan.

 

HR Rasuna Said

Tentunya, kita sudah familier dengan HR Rasuna Said yang dijadikan nama jalan di Jakarta Selatan. Pejuang kemerdekaan dari Sumatra Barat ini bernama lengkap Hajjah Rangkayo Rasuna Said. 

Ia tidak hanya berjuang untuk kemerdekaan, tetapi juga emansipasi wanita dengan mendirikan Sekolah Thawalib di Padang dan sekolah pendidikan khusus wanita di Medan. Rasuna Said juga menerbitkan majalah Menara Putri yang membahas pentingnya peran wanita, kesetaraan antara pria, wanita, dan keislaman.

 

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah” adalah pesan dari Soekarno. Dari sejarah, kita bisa belajar untuk untuk memberikan yang terbaik bagi diri dan negara.


Sumber:
[1]
https://historia.id/politik/articles/nyong-ambon-pendeta-bung-karno-PyqLN/page/1

[2] https://historia.id/politik/articles/nyong-ambon-pendeta-bung-karno-PyqLN/page/1

[3] https://tirto.id/maria-walanda-maramis-dia-yang-melampaui-dan-mengagumi-kartini-cnb9

[4] https://tirto.id/maria-walanda-maramis-dia-yang-melampaui-dan-mengagumi-kartini-cnb9

[5] https://republika.co.id/berita/ptqcpo313/mengenal-perjuangan-hr-rasuna-said

[6] https://republika.co.id/berita/ptqcpo313/mengenal-perjuangan-hr-rasuna-said