ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Pada tahun 1964, olahraga luge diadakan di semua olimpiade musim dingin. Ada tiga jenis kompetisi luge yang dilombakan. Kategori tunggal putra dan putri, serta kategori ganda putra. Baru pada olimpiade 2014, diadakan kategori estafet dalam olahraga luge. Tim yang dikirim terdiri dari 10 atlet, yang diwakili oleh 7 orang pria dan 3 wanita. Nah, apa saja sih fakta tentan olahraga yang satu ini? Disimak yuk!


Luge merupakan salah satu olahraga yang paling berbahaya


pbs.twimg.com

 

Dilansir dari Forbes, olahraga luge menjadi salah satu olahraga paling berbahaya, lho! Alasannya, peserta harus meluncur dengan kecepatan 90m/jam di atas lintasan 750-1000m. Jika kamu tidak siap mental, sebaiknya kamu tidak mencoba olahraga satu ini, ya!

Olahraga luge digolongkan sebagai salah satu olahraga ekstrim. Menjadi atlet luge memiliki resiko yang tinggi. Peserta olimpiade bisa terlempar dari posisinya dan mengalami cedera parah. Bahkan, olahraga luge bisa mengakibatkan kematian.

Olahraga luge masih memiliki legalitas yang tidak jelas. Peralatan, perlengkapan, dan perizinan yang dibutuhkan untuk bermain ternyata masih menjadi perdebatan. Itu sebabnya, para peserta yang mengikuti olimpiade luge disarankan untuk memiliki asuransi kesehatan sebelum melakukan pertandingan.


Luge mirip dengan olahraga ski dan skateboard



media.pri.org

Meskipun berbahaya, sebenarnya aturan main luge hampir mirip dengan olahraga ski dan skateboard. Luge juga menggunakan papan dalam bermain. Bedanya, peserta luge harus berada dalam posisi supine (telentang dengan tangan merapat). Setelah berada dalam posisi supine, peserta akan mendorong dirinya sekuat tenaga untuk melewati lereng dengan kecepatan yang ekstrim. Hal lain yang membedakan luge dengan skateboard, olahraga satu ini diadakan di lereng gunung yang diselimuti salju. Mangkannya, luge dijadikan olahraga yang dilombakan selama olimpiade musim dingin.


Kemenangan dalam olahraga luge ditentukan oleh kemampuan tubuh dalam kondisi diam


courant.com

 

Berada dalam kondisi supine, peserta lomba dalam cabang olahraga luge harus bisa mengontrol keadaan diam dengan baik. Meskipun harus menghadapi terjalnya lereng gunung, peserta harus bisa bertahan pada posisinya. Pemenang dalam perlombaan ini dilihat dari kecepatan dan jarak yang ditempuh.

Atlet luge harus mampu mendorong dirinya sekuat tenaga dan mempertahankan posisi diam untuk dapat menang. Awalan yang baik diperlukan dalam olahraga luge. Karena olahraga ini cukup ekstrim dan hanya bisa dilakukan oleh peserta dengan berat badan tertentu, pesertanya wajib memiliki berat badan minimal 90 kg untuk laki-laki dan 75 kg untuk atlet perempuan. Bagaimana? Apakah kamu sudah memenuhi syarat berat badan untuk bisa bermain olahraga luge?


Sangat menegangkan, olahraga luge sulit diprediksi pemenangnya


insidethegames.biz

 

Karena perbedaan yang tipis bisa saja terjadi saat peserta berhenti meluncur, olahraga luge sulit untuk diprediksi pemenangnya. Awalan yang baik tidak selalu menentukan keberhasilan seorang atlet. Biasanya, pemenang perlombaan luge memiliki selisih angka yang terpaut sedikit dengan atlet lainnya. Mangkannya, ada alat khusus yang digunakan untuk menghitung selisih peserta hinga satuan detik yang terkecil.

Itu tadi beberapa fakta tentang luge, olahraga berbahaya yang pertaruhkan nyawa. Apakah kamu sudah siap untuk mencoba olahraga ekstrim satu ini? Jangan lupa siapkan mental dan patuhi persyaratan yang sudah ditetapkan, ya!