ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

1. Berlatar dunia fantasi yang terinspirasi dari Asia Tenggara

Raya and the Last Dragon menceritakan tentang seorang pendekar bernama Raya yang berupaya menyatukan negerinya yang terpecah belah. Uniknya, negara yang disebut Kumandra ini terinspirasi dari kekayaan budaya, adat, dan alam negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

 

2. Menunjukkan seni bela diri Asia Tenggara

Sebagai seorang pendekar, Raya juga menunjukkan kebolehannya dalam bertarung. Ia selalu membawa senjata andalannya yang terinspirasi dari keris khas Indonesia. Selain itu, masing-masing daerah di Kumandra juga memiliki gaya bela diri yang diadaptasi dari seni bela diri khas Asia Tenggara, termasuk pencak silat, Muay Thai, dan Võ thuật.

 

3. Dibintangi oleh aktor-aktor Asia

Tidak hanya terinspirasi oleh Asia Tenggara, Raya and the Last Dragon juga menampilkan aktor-aktor Asia ternama untuk mengisi suara para tokoh-tokohnya. Suara Raya diisi oleh Kelly Marie Tran, aktris dengan darah Vietnam, sementara suara Sisu, naga sahabat Raya diisi oleh Awkwafina yang sebelumnya pernah tampil di film Crazy Rich Asians.

 

4. Menggandeng Raisa dan Via Vallen untuk berkolaborasi

Penyanyi Raisa dan Via Vallen berkesempatan untuk menyanyikan dua lagu tema Raya and the Last Dragon, yaitu “Trust Again” dan “Kita Bisa”. Selain Raisa dan Via Vallen, soundtrack film ini juga melibatkan berbagai musisi dari negara-negara Asia Tenggara lain, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, dan Thailand.

 

5. Melibatkan seniman asal Indonesia

Dalam proses pembuatannya, film Raya and the Last Dragon melibatkan Griselda Sastrawinata sebagai visual development artist dan Luis Logam sebagai story artist. Selain itu, tokoh pegiat budaya, seperti Dewa Berata dan Emiko Susilo turut menjadi bagian dari tim konsultan terkait budaya, tarian dan upacara tradisional, serta musik khas Indonesia.

 

Film Raya and the Last Dragon ini bisa dinikmati di bioskop. 


Sumber: 

https://screenrant.com/disney-raya-last-dragon-princess-movie-info-facts-plot/

https://www.nbcnews.com/news/asian-america/how-raya-last-dragon-built-southeast-asian-fantasy-world-n1259465

https://screenrant.com/disney-raya-last-dragon-princess-movie-info-facts-plot/

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/indah-purwitasari-2/fakta-film-raya-and-the-last-dragon/5

https://www.antaranews.com/berita/2024562/seniman-indonesia-terlibat-di-film-disney-raya-and-the-last-dragon