1. 88rising bukan hanya perusahaan rekaman
“88rising bukanlah perusahaan rekaman. Namun, perusahaan rekaman
adalah salah satu bagian dari sub unit 88rising,” ungkap CEO 88rising.
88Rising memiliki keunikan yang nggak dimiliki oleh label rekaman
yang membawahi para penyanyi luar negeri. Jika umumnya perusahaan rekaman hanya
menjadi jembatan bagi para penyanyi untuk membuat lagu, 88rising juga
bertanggungjawab untuk mempromosikan para artisnya dalam hal lain. Nggak heran,
mereka memiliki akun YouTube sendiri dengan konten yang secara rutin diunggah.
Bukan perusahaan rekaman, 88rising menyebut agensinya sebagai Media Entertainment bagi para artis yang
ditanganinya. Nggak hanya membantu para penyanyi untuk bermusik, 88rising juga
menjadi wadah bagi para penggemar untuk mengenal lebih jauh penyanyi idolanya
yang tergabung di dalam agensi ini.
2.
88rising didirikan oleh Sean Miyashiro
88rising didirikan oleh Sean Miyashiro. Sean adalah seorang
blasteran Jepang dan Korea yang lahir dan besar di San Jose, California. Latar
belakangnya membuat Sean sering mendengarkan musik yang dibuat oleh musisi
Asia. Sean juga gemar mengidolakan rapper Asia yang masih nggak begitu terkenal
di Amerika.
Sean
mencintai dunia musik sampai ia rela keluar dari kuliahnya untuk berkarir di
bidang ini. Sebelum mendirikan media management 88rising, Sean diberikan
tanggung jawab untuk mengurus website ‘Thump’ yang berada di bawah Vice Media.
Thump adalah website yang dibuat khusus untuk pecinta musik EDM.
3.
88rising mencari artisnya melalui dunia maya
Didirikan oleh milenial menjadi salah satu alasan mengapa 88rising
bukanlah sebuah agensi biasa. Sean mencari penyanyi yang akan ia kontrak melalui
internet. Biasanya, ia melihat terlebih dahulu musik video dari artis tersebut.
Sean menyadari betapa peran internet sangat berpengaruh untuk menghubungkan
dirinya dengan para calon artis yang akan ia kontrak. Ia juga melihat bahwa
internet dapat dimanfaatkan untuk menghubungkan artis dengan para penggemarnya.
Nggak heran, 88rising memberikan kesempatan bagi para penggemar
untuk terhubung langsung dengan berbagai penyanyi di dalam agensinya. Karena tergolong aktif dalam mengunggah
konten tentang artis-artisnya, 88rising memiliki angka engagement yang
tergolong tinggi.
4.
Rapper Asia adalah andalan 88rising
yang nggak mainstream
Salah satu ciri
khas 88rising adalah artis-artis Asia yang berada di bawah naungannya. Sebut
saja nama populer, seperti Joji dan Rich Brian.
Sean, pendiri 88rising, memang lebih memilih untuk membawa nama rapper
asia mendunia. Hal ini berbeda dengan kebanyakan perusahaan rekaman yang lebih
memilih untuk mengorbitkan artis Amerika. Tapi ke depannya, Sean nggak hanya
ingin mengangkat artis dari Asia saja, melainkan juga ras minoritas lainnya.
88rising juga menggandeng Jackson Wang, salah satu anggota personil boy band
Kpop GOT7 yang berada di bawah naungan agensi JYP. JYP termasuk tiga agensi
besar dari ratusan agensi yang berada di Korea.
5. Nggak hanya rapper, 88rising
menggandeng penyanyi Indonesia mulai dari NIKI hingga Stephanie Poetri
Sering menggandeng penyanyi dan rapper Asia, 88rising menunjukkan
minatnya pada musik yang dibuat oleh orang Indonesia. Selain Rich Brian,
88rising juga menggandeng NIKI menjadi salah satu talent-nya. NIKI pun sukses meraih popularitas dan go
internasional, menyusul jejak Rich Brian yang lebih dahulu mendunia. Stephanie
Poetri, anak dari penyanyi tiga diva Indonesia, Titi DJ, juga baru bergabung
dengan 88rising. Stephanie berhasil mendunia lewat lagu ciptaannya, I love you
3000 yang terinspirasi dari tokoh-tokoh Avengers buatan Marvel.
Sudah cukup mengenal agensi 88Rising? Siapa sih talent 88rising favorit kamu?