ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Sungai kumuh yang akhirnya disulap menjadi objek wisata tersebar di beberapa wilayah di Indonesia. Daya Tarik dari tiap lokasi wisata pun beragam. Namun, yang pasti adalah tempat tersebut kini cocok untuk tujuan berekreasi dan instagram-able banget. Jadi, pas banget buat kamu yang hobi foto-foto. Nah, berikut pilihan 5 sungai kumuh yang kini jadi tempat wisata kece.


Sungai Kalimas


static.wixstatic.com

Mirip-mirip dengan wisata naik gondola di Venice, kamu bisa mencoba wisata perahu di sepanjang sungai Kalimas di Surabaya. Faktanya, sungai yang dulunya kotor dan tidak terawat, kini bisa menjadi salah satu objek wisata paling diminati di Kota Pahlawan tersebut.  Di malam hari, kamu bisa menyusuri sungai kurang lebih selama 20 menit dengan pemandangan lampu-lampu yang cantik.


Sungai Sekanak


rmolsumsel.com

Dipenuhi dengan mural dan cat warna-warni yang menarik, Sungai Sekanak kini tak lagi nampak kumuh dan jorok. Sungai Sekanak sendiri adalah aliran Sungai Musi di Sumatra Selatan dan menjadi salah satu objek wisata instagram-able yang bisa jadi pilihan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke area ini adalah sore hari ketika cuaca tidak terlalu panas.


Kali Bladon

  

wisatalengkap.com

 

Tempat ini mendadak hits setelah disulap menjadi salah satu objek wisata di Kendal, Jawa Tengah. Mulanya, Kali Bladon ini hanyalah sungai yang berfungsi sebagai irigasi. Setelah menjadi destinasi wisata, kini Kali Bladon tidak hanya dikenal karena airnya yang bersih, tapi kamu juga bisa bersantai di atas kasur apung atau selfie kece di atas rakit air.

 

Tukad Bindu


phinemo.com

Sungai ini awalnya kotor dan menjijikkan karena kerap dijadikan pembuangan sampah. Namun, setelah di revitalisasi, Tukad Bindu menjadi salah satu destinasi wisata yang tak kalah diminati di Bali. Bahkan, lokasi ini menjadi salah satu objek wisata yang sempat didatangi para peserta Annual Meeting IMF-World Bank. Lokasi ini memiliki permainan anak-anak dan fasilitas lainnya, termasuk menjadi lokasi pemberdayaan ibu-ibu setempat.


Tukad Badung


blogunik.com

Tukad Badung disebut mirip dengan sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan lho. Meski dulunya adalah sungai yang kumuh dan tak menarik, kini Tukad Badung menjadi salah satu objek wisata yang lengkap dengan tempat bersantai, lampu-lampu cantik di malam hari, dan masih banyak lagi. Pas untuk rekreasi dengan keluarga atau teman-teman.

Wisata sungai mana yang akan kamu kunjungi dalam waktu dekat? Yuk, coba mengeksplorasi tempat-tempat baru, misalnya berkunjung ke objek wisata yang dulunya sempat dikenal sebagai sungai kotor dan kumuh. Namun, jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan di area tersebut agar lingkungannya tetap terjaga dan tidak seperti dulu lagi ya. Selamat mencoba!