ornament
ornament
Kembali ke Halaman Artikel

Hingga sekarang, para peneliti masih berlomba untuk menemukan obat yang bisa menekan, atau bahkan mengalahkan sel ganas ini. Untuk menghindarinya, manusia harus melakukan segala cara untuk menangkal kanker hinggap di dirinya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan makanan yang dipercaya bisa mencegah hadirnya kanker.

Yuk #BeraniBeda cegah kanker sejak dini dengan rajin mengonsumsi makanan di bawah ini.

Bawang Putih


©skitterphoto

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan memiliki sifat bermusuhan terhadap kanker. Sudah banyak anjuran yang mengatakan bahwa konsumsi bawang putih setiap hari bisa bikin badan lebih tangguh lawan penyakit ini. Supaya lebih efektif, makan bawang dalam keadaan mentah saja.

Brokoli

©pexels

Brokoli itu enak dan sering dijadikan salah satu bahan yang bikin salad jadi lebih sedap. Kelebihan lainya, brokoli ternyata juga punya kandungan fitonutrien yang punya kemampuan mencegah kanker. Selain brokoli, saudaranya, yaitu kol dan kembang kol juga punya sifat serupa. Pertimbangkan untuk mengonsumsi brokoli secara rutin.

Cabe


©pexels

Ini dia yang paling dinanti oleh pecinta makanan pedas pedas. Cabe ternyata juga bisa bikin sel kanker ketakutan untuk hinggap di tubuhmu, lho. Tapi bukan berarti harus makan banyak cabe setiap hari. Bukannya kena kanker, malah gangguan pencernaan.

Ubi Jalar


©pexels

Satu lagi bukti bahwa mencegah kanker itu menyenangkan. Siapa yang nggak suka dengan ubi jalar? Semua orang pasti menyukai umbi-umbian yang sering dimasak kukus atau goreng ini. Ternyata ubi juga punya kandungan antioksidan yang dipercaya mampu bikin tubuh kamu lebih kuat hadapi kanker. Jangan lupa untuk memasukkan ubi jalar ke dalam diet sehat kamu.

Kacang Tanah


©pixabay

Sering ngemil kacang kulit saat nonton bola? Atau selalu membuka hari dengan setangkup roti dan selai kacang? Ternyata, meski dianggap bikin timbul jerawat, kacang tanah punya efek positif menurunkan risiko kanker usus, paru-paru, hati, dan lain-lain. Yang jadi jagoannya adalah Vitamin E yang terkandung pada kacang tanah.

Kunyit


©pexels

Minuman kunyit asam ternyata nggak cuma sukses menjaga bentuk tubuh tapi juga punya manfaat ekstra, yaitu melawan kanker. Senyawa kurkumin yang terdapat pada kunyit merupakan antioksidan yang siap menghadang pertumbuhan calon sel-sel kanker dalam tubuh.

Alpukat


©pexels

Sudah rasanya enak kalau dibikin jus, ternyata alpukat juga nikmat untuk dijadikan obat penangkal kanker. Konsumsi secara rutin supaya tubuhmu punya antioksidan yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker. Yummy!

Tujuh makanan di atas menjadi bukti bahwa mencegah kanker itu nggak sesulit bayanganmu, terutama karena rasanya yang enak. Cukup konsumsi secara teratur agar tubuh kamu selalu siap menghadapi setiap radikal bebas yang bisa menumbuhkan sel kanker.